Minggu, 11 September 2016

About Myself (REWRITE)

Halo bro/sis

Kali ini mimin mau bercerita tentang diri mimin ini, oke langsung saja kita mulai.





BIODATA
Nama : Muhammad Hashfi
Umur : 16 tahun (2016)
Kelahiran : Samarinda 17-Maret-2000
Hobi : Otomotif (Mobil)

Menurut mimin di sini tidak ada yg menarik untuk di bahas, karena mimin bukan orang yg jago berbicara, gak jago drama, gak jago beraksi, tidak punya jiwa sosial tinggi, loyo, cuek, pendiam, sok jaim, dan mimin tidak peka-an, apalagi sama cewek.

"Si murung pendiam yang kerjaan nya cuman marah-marah"

Namun ketika sedang membahas mobil, berubahlah ke pribadian mimin -_-

MASA KECIL
Masa kecil mimin identik dengan mobil, saat itu koleksi mainan mimin ya hanya mobil-mobilan, gak ada yg lain, selain itu,

saat umur 3 tahun, mimin bisa mundurin mobil beneran,
kemudian pas TK mimin mengalami tabrakan mobil,
saat itu mimin yg nyetirin mobil nya,
jadi kejadian nya saat itu, mimin lagi jalan sama bokap,
bokap mampir ke toko bentar,
mimin di tinggal di dalam mobil,
kemudian berimajinasi lah mimin,
gaya-gaya nyetir mobil, puter2 setir, mindah-mindahin gigi,
kemudian secara tidak sengaja mimin menarik handbrake mobil,
hingga akhir nya mobil berjalan menggelinding,
saat itu mobil parkir dalam posisi turunan.
sehingga mobil nya nabrak mobil depan yg lagi parkir.

Jauh sebelum mimin di lahirkan, keluarga kami punya 1 mobil yaitu se ekor Daihatsu Taft F50 (Kebo) keluaran 1981 punya bokap



Kemudian saat mimin masih TK (2004), kakek mimin dulu baru beli mobil yaitu Mazda 626 GLX keluaran 1985


cuman bagian ini saja mobil kakek sempat ke foto
wujud nya kurang lebih begini

 ada spoiler belakang

Dari mobil ini lah mimin menjadi sangat suka dengan mobil, mobil sedan merupakan mobil yg mimin suka, karena sporty, bisa di ajak ngebut, nyaman, mewah, dan praktis,
ingin sekali rasanya punya mobil sedan.

Dulu kakek mimin selalu ngajak mimin jalan2 keliling kota pake mobil itu, walau bau kabin nya nggak enak, mimin bisa enjoy dengan mobil ini, dulu kakek pernah bawa lari mobil ini sampai 120kmh, mimin saat itu duduk di belakang, dari sini lah jiwa car enthusiast mimin mulai terbentuk.

Mobil ini akhir nya di jual di tahun 2008/9, kemudian di ganti dengan Daihatsu Zebra keluaran 1990an wujud nya kurang lebih seperti ini.

Jual Mobil Daihatsu Zebra 1990 1.0 di Jawa Barat Manual MPV ...

mobil ini tidak lama kemudian di jual, karena saat itu kakek mulai sakit stroke dan tidak bisa lagi nyetir mobil.

Saat mimin umur 12 tahun, kakek sempat berencana mau beli mobil lagi, pilihan nya yaitu Daihatsu Terios matic keluaran 2007 edisi 100th anniversary, namun akhir nya batal di beli.

Bagi mimin mobil kakek mazda 626 itu lah yg paling membuat mimin terkesan, hingga sekarang, saat ini mimin masih berusaha untuk mencari keberadaan mobil ini, mimin sangat rindu dengan mobil ini, rindu bau kabin nya, rindu lari 120kmh, rindu jalan2 naik mobil ini, rindu dengan kakek, banyak deh rindu nya.
Dulu tiap kakek lagi bongkar2 mobil, mimin selalu ada di sebelah kakek.

Jika saja petrol boy sudah besar, mungkin mimin akan membeli kembali mobil ini KT 1669 AF, karena faktor sentimental value.

Sekitar tahun 2014, kakek mimin meninggal dunia, banyak sekali kenangan masa lalu yg bisa mimin kenang bersama alm. kakek dulu,

"terima kasih kaik udah mau ngurusin saya, ngajak main, jalan2, beli cemilan sewaktu saya masih kecil, semoga kaik berada di tempat yg sangat layak di akhirat nanti, amiin"


2014

HONDA MOBILIO





Sekitar tahun 2014, nyokap saat itu baru beli mobil baru, yaitu Honda Mobilio E keluaran 2014, mobil itu sangat mimin sukai, karena saat itu baru kali pertama nya mimin naik mobil baru keluar showroom, mimin masih ingat jok nya yg masih terbungkus, suara mesin yg sangat halus.
Pada saat itu lah mimin untuk pertama kali nya nyetir mobil.

Mobil ini sempat nemanin saat akhir2 masa hidup kakek mimin, sebelum meninggal.

Mobil ini dulu sempat ber kali-kali mimin bawa jalan diam2, tanpa sepengetahuan orang tua mimin.
Pernah di kepotin juga.

untuk saat ini (2020) mimin akhir nya di izinkan untuk menggunakan mobil ini, namun mimin sendiri masih butuh jam terbang yang lebih banyak agar bisa lihai nyetir mobil.



2015

VALIO / HOWAITO



Saat mimin umur 15 tahun, mimin secara tidak sengaja akhir nya bisa nyetir motor, setelah sebelum nya mencoba latihan nyetir motor sama teman mimin yg bahkan juga sama2 tidak bisa nyetir motor.

Saat itu mimin ngotot nggak mau lagi pakai sepeda ke sekolah karena jarak dari rumah ke sekolah cukup jauh, tidak praktis, panas, melelahkan, dan lambat, namun ortu akhir  nya setuju setelah struggling beberapa kali.

Saat itu mimin ingin pakai mobil taft punya bokap, saat itu kondisi nya udah nganggur, jarang di pake, sering nongkrong di rumah, mimin sendiri udah cerita ke bokap kalo mimin ingin nerusin mobil ini.

Tapi pada akhir nya, bokap memutuskan malah menjual mobil taft itu, kemudian mimin di beri motor vario techno keluaran 2011, untuk di pakai transportasi ke sekolah, dan itu lah si Howaito yg masih mimin pakai sampai saat ini.

Pada awal nya mimin sangat tidak setuju dengan keputusan bokap, ujung2 nya terpaksa mimin telan mentah2 kenyataan itu, karena tidak ada opsi yg lebih baik dari pada pakai sepeda, mimin hanya di beri motor.
Selama nyetir motor mimin tidak pernah enjoy, dan tidak ada bahagia nya nyetir motor, malahan mimin lebih senang nyiksa motor,
seperti

  • ngebut2 di jalan rusak
  • ngebut2 hajar poldur
  • ngebut2 hajar lobang
  • ngebut2 sampai redline mentok poll
  • ngebut2 di jalan lumpur
  • mendaki jurang
  • ngepot2 ndak jelas, ban sampai robek
gara2 cara menyetir seperti itu
  • jatuh dari motor gara2 mau nyundul truck, 
  • pernah terbang, pernah nyium pantat mobil ayam, 
  • jatuh pas ngepot, ngepot gara2 ban gundul, 
  • crankcase pernah pecah gara2 nge hajar lobang pas lari 100kmh, 
  • tiap habis run oli mesin selalu habis, 
  • kemudian ngebul itu mesin gara2 kekurangan oli.

dan dampak nya, dari awal pakai sampai saat ini (2020) howaito sudah 11 KALI TURUN MESIN, dan menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki nya, dari awal tidak ngerti apa2 hingga bisa ngerjain turun mesin SENDIRIAN, banyak sekali ilmu yg mimin dapat dari kejadian itu

Setelah beberapa lama pakai howaito, akhir nya mimin mulai terbiasa dengan rasa tidak bahagia itu, dan mulai menerima realitanya kalo mimin menjadi golongan pengguna motor. 

dengan umur yang semakin bertambah, akhir nya mimin bisa mengendalikan emosi mimin ketika nyetir motor.

Saat ini mimin nyetir pelan2 ngebut, bagaikan orang yang bosan hidup, kadang suka mepet2, nge halangi motor alay yg lagi ngebut.

Walaupun tidak enjoy dengan motor, mimin mendapat hobi baru yaitu, bangun motor, restorasi DLL, karena motor itu sangat mudah di bongkar, untuk top overhaul saja tidak perlu sekolah mesin juga bisa ngerjain. 

Salah satu karya pertama mimin adalah Reddo



2017-2018
Di saat ini lah semua nya berawal, You tube petrol boy juga baru di mulai di tahun ini, tahun di saat2 mimin banyak belajar

FUKA-SE

Ini merupakan mobil pertama sekaligus Project Cars pertama mimin, mobil ini adalah Mitsubishi Eterna GT-i keluaran 1993, mobil ini mimin beli dalam kondisi mati rusak, tidak bisa jalan karena electrical nya terbakar dan rusak parah, selain itu ECU juga hilang, mobil ini juga bodong, gak ada surat nya.

Awal nya ingin mimin baiki, sekalian test ilmu yg mimin dapat selama sekolah di SMK, mesin ini rencana nya akan di modif menjadi karburator, bagian pengapian nya di rubah menjadi pakai delco (distributor).

Pada awal nya banyak pihak yg mendukung project ini, namun semua berubah ketika mimin membuat keputusan yg salah, dan bokap tidak setuju dan kerjaan nya selalu nyinyirin mobil ini, hingga akhir nya project ini gagal, dan fuka-se mimin jual.

2019

Setelah kejadian itu, karena faktor masa puber dan emosional yg masih suka kumat, jadi mimin berada fase terburuk saat itu, di tambah ekonomi keluarga yg memburuk saat itu, gara2 ulah bokap, kami sekeluarga menjadi korban penipuan yg membawa kabur semua uang2 kami, uang yg mimin tabung dengan susah payah, dan hasil jual mobil pun raib di bawa kabur oleh penipu itu.

akhir nya membuat sifat lama mimin yg suka nyiksa motor pun akhir nya kembali lagi, dan korban nya lagi2 howaito, saat itu howaito sampai mimin tabrakan ke dinding rumah, untung nya howaito tidak hancur body nya, lampu sein belakang juga pernah mimin hajar pakai kunci roda sampai retak gara2 emosi.

Setelah berdiam menenangkan diri selama beberapa bulan,  akhir nya mimin berhasil pulih, dan memulai menabung lagi selagi masih ada kesempatan.

Setelah tidak bisa menabung lagi, tabungan saat itu hanya 1.2 juta saja, mimin ingin menggunakan nya untuk hal yg lebih bermanfaat, akhir nya mimin belikan kamera prosumer buatan Samsung WB-250F yg di kenal tidak reliable, gampang rusak, dan unit yg mimin beli ini dapat unit yg ampas, belum sebulan pakai, udah ada beberapa tombol yg tidak bisa berfungsi. Aduh ampas banget

MENJADI TUKANG FOTO
Selain kualitas video di channel you tube petrol boy, kamera ini membuat mimin jadi belajar ilmu photography, jadi saat itu sedang ada event drag race, dan mimin menyempatkan diri untuk datang memotret beberapa mobil di situ.

Mimin juga termotivasi oleh alm. kakek yg dulu nya juga berkerja sebagai tukang foto, dan mempunyai studio foto yg saat ini di teruskan oleh paman mimin.










Ini merupakan debut pertama mimin dalam dunia photography, dan kehadiran mimin di sambut baik oleh para pembalap saat itu.

Semenjak itu, setiap ada event mobil mimin selalu datang untuk memotret foto mobil, mimin berhasil menikmati hobi ini, sebagai pelampiasan karena mimin sendiri belum kesampaian punya mobil sendiri buat di foto2.

untuk hasil foto2 nya bisa di lihat melalui instagram mimin

2020

KONDISI SAAT INI
Sekarang mimin sudah tamat sekolah, lulus jalur corona covid-19, dan tidak melanjutkan ke jenjang berikut nya, lagi2 karena bokap yg tidak mau membiayain kuliah mimin, jadi saat ini mimin dalam posisi pengangguran, 

karena bingung mau ngapain, karena rencana semula mimin mau kuliah, 
dan gara2 bokap akhir nya mimin jadi tidak lagi termotivasi untuk kuliah, 
untuk saat ini mimin hanya bisa mengembangkan channel you tube petrol boy agar bisa menjadi lebih besar lagi.

Masih banyak hal yang harus mimin lakukan, belajar dan mempelajari apa saja yg mimin dapat, berkembang menjadi lebih besar, mengasah semua skill yg mimin punya. Tidak ada kata puas untuk saat ini....

NOTE
Artikel asli ini di publish pada tahun 2016, dan di tulis ulang pada tahun 2020, menyesesuaikan cara ngetik mimin yg baru, dan alur cerita yg lebih teratur di banding artikel original nya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar