Halo bro/Brosis
Maaf kalo mimin lama enggak update blog ini
di karenakan kesibukan mimin sendiri apalagi sekarang mimin sedang berada di sesi penghujung kelas 3 SMP kemudian masuk ujian dan kelulusan.
Karena akhir-akhir ini mimin enggak ada kendaraan yang dapat review karena hampir semua kendaraan teman mimin sudah di review di artikel sebelumnya.
Jadi mimin hanya cerita tentang kelanjutan valio motor kesayangan mimin
Umm sampai mana ya -,-
Ya valio hanya dipakai pulang/pergi sekolah dan ngojek kawan setiap hari, dan emang sudah menjadi rutinitas valio, hanya saja kakak sekarang sudah kerja jadi vario punya paman di pakai untuk kerja, jadi sedikit susah kalo mau jalan karena kadang bokap atau paman haris pinjam valio...lagian mimin sendiri juga sudah mulai bosan main motor, rasanya ingin sekali cepat2 bisa kerja ntar bisa punya duit banyak untuk beli mobil :3....
terkadang disaat sedang sumpek valio mimin bawa ke RingRoad untuk di pacu sekaligus menguji Teknik-teknik yang sudah mimin pelajari selama ini, kalo ada orang juga lagi ngebut mimin ikuti terus buntuti orang itu, hingga terjadilah balapan, tetapi balapan itu bertujuan untuk menguji sebeberapa kemampuan teori dan teknik yang mimin dapatkan selama ini,
untuk sekarang ini mimin mau belajar countersteer di valio... ya terlalu berbahaya jadi diusahain cari teknik-teknik, teori, dan trik nya kemudian praktek di perumahan dekat rumah...menurut mimin akhir akhir ini valio lebih sering spin dan powerslide karena ban belakangnya yang sudah mulai gundul...
Seiring pemakaian, masalah pun mulai berdatangan
permasalahan pertama adalah flasher valio yang sudah rusak... gejala pertama adalah
reting awal nya menyala normal kemudian enggak lama reintg nya enggak nyala dan di speedo nyala tanpa kedip, kemudian masalah ini semakin parah sampai reting gak mau nyala, sehingga valio harus libur beberapa hari di rumah...besok lusa nya valio di bawa ke bengkel terdekat untuk mengganti flasher, tapi yang di sayangkan flasher untuk bawaan lagi kosong jadi terpaksa pakai flasher khusus lampu LED dan rencananya sekaligus mengganti 1 set lampu reting valio jadi full LED
Setelah dari bengkel mimin berpikir kalo ni motor sedikit beda waktu dulu...kemudian bawa lagi ke RingRoad untuk di pacu supaya bisa terdeteksi feel perbedaan ini...yaa mimin rasa tarikan nya sedikit kurang joss... coba selidiki penyebab masalah ini..ya mungkin filter udara yang kotor...esok lusa langsung saja dibongkar rumah filter valio (mimin sudah memahami beberapa ilmu oprek) pas filter nya di copot BEUH betapa hitam nya filter udara valio...kalo menurut riwayat valio sudah melewati 4 kali servis 2000km tanpa membersihkan karbu dan filter udara karena bokap enggak reccomend kalo karbu sering di bongkar takutnya kalo montir ny enggak pengalaman bisa aus baut2 nya. untuk filter karena mimin bisa ngerjakan sendiri jadi di biarkan...
tanpa basa basi langsung saja bongkar valio, berawal dari cabut knalpot, kemudian cabut baut velg
ada satu masalah yaitu lobang pada cover terlalu kecil dan tidak buat masuk ke as roda valio...tapi masih bisa di akali dengan bor
mumpung dalam keadaan terbongkar mimin sempatkan untuk membersihkan bagian tromol dan melepas kampas tromol untuk di cuci kemudian di bikinkan alur untuk tempat penumpukan kotoran supaya tidak menggangu kerja rem *Opini
NOTE
Artikel ini mimin buat dalam ke adaan sadar, sesadarnya dan semua cerita mimin yg ceritakan ini NYATA semua dan sekarang jika mimin ingat2 semua nya terlihat akan kebodohan dan kelabilan masa anak-anak, jadi mohon maklum nya.
dan saran mimin untuk kalian yang masih lekat dengan yg nama nya (BOY) yg juga main di dunia otomotif baik itu mobil maupun motor.
sebaik nya jangan coba2 lakukan apa yg mimin ceritakan di atas, cerita ini mimin buat untuk sharing pengalaman bukan untuk di tiru, jadi kebijakan pembaca sangat mimin sarankan
Maaf kalo mimin lama enggak update blog ini
di karenakan kesibukan mimin sendiri apalagi sekarang mimin sedang berada di sesi penghujung kelas 3 SMP kemudian masuk ujian dan kelulusan.
Karena akhir-akhir ini mimin enggak ada kendaraan yang dapat review karena hampir semua kendaraan teman mimin sudah di review di artikel sebelumnya.
Jadi mimin hanya cerita tentang kelanjutan valio motor kesayangan mimin
Umm sampai mana ya -,-
Ya valio hanya dipakai pulang/pergi sekolah dan ngojek kawan setiap hari, dan emang sudah menjadi rutinitas valio, hanya saja kakak sekarang sudah kerja jadi vario punya paman di pakai untuk kerja, jadi sedikit susah kalo mau jalan karena kadang bokap atau paman haris pinjam valio...lagian mimin sendiri juga sudah mulai bosan main motor, rasanya ingin sekali cepat2 bisa kerja ntar bisa punya duit banyak untuk beli mobil :3....
terkadang disaat sedang sumpek valio mimin bawa ke RingRoad untuk di pacu sekaligus menguji Teknik-teknik yang sudah mimin pelajari selama ini, kalo ada orang juga lagi ngebut mimin ikuti terus buntuti orang itu, hingga terjadilah balapan, tetapi balapan itu bertujuan untuk menguji sebeberapa kemampuan teori dan teknik yang mimin dapatkan selama ini,
untuk sekarang ini mimin mau belajar countersteer di valio... ya terlalu berbahaya jadi diusahain cari teknik-teknik, teori, dan trik nya kemudian praktek di perumahan dekat rumah...menurut mimin akhir akhir ini valio lebih sering spin dan powerslide karena ban belakangnya yang sudah mulai gundul...
Seiring pemakaian, masalah pun mulai berdatangan
permasalahan pertama adalah flasher valio yang sudah rusak... gejala pertama adalah
reting awal nya menyala normal kemudian enggak lama reintg nya enggak nyala dan di speedo nyala tanpa kedip, kemudian masalah ini semakin parah sampai reting gak mau nyala, sehingga valio harus libur beberapa hari di rumah...besok lusa nya valio di bawa ke bengkel terdekat untuk mengganti flasher, tapi yang di sayangkan flasher untuk bawaan lagi kosong jadi terpaksa pakai flasher khusus lampu LED dan rencananya sekaligus mengganti 1 set lampu reting valio jadi full LED
Bedanya flasher ini dengan flasher bawaan adalah kecepatan kedip yang bisa di atur dan tidak bersuara
itu yang warna orange namanya Flasher
ini lah merk flasher yang mimin beli...harga 35rb termasuk pasang
Setelah dari bengkel mimin berpikir kalo ni motor sedikit beda waktu dulu...kemudian bawa lagi ke RingRoad untuk di pacu supaya bisa terdeteksi feel perbedaan ini...yaa mimin rasa tarikan nya sedikit kurang joss... coba selidiki penyebab masalah ini..ya mungkin filter udara yang kotor...esok lusa langsung saja dibongkar rumah filter valio (mimin sudah memahami beberapa ilmu oprek) pas filter nya di copot BEUH betapa hitam nya filter udara valio...kalo menurut riwayat valio sudah melewati 4 kali servis 2000km tanpa membersihkan karbu dan filter udara karena bokap enggak reccomend kalo karbu sering di bongkar takutnya kalo montir ny enggak pengalaman bisa aus baut2 nya. untuk filter karena mimin bisa ngerjakan sendiri jadi di biarkan...
Kotor warbasayah :v
Hasil nya enggak bersih bersih amat...mimin bersih kan pakai kompresor
setelah di bersihkan di coba lagi ke RingRoad, tarikan nya kembali enak
ketika mimin memacu valio terlalu asik hingga 100km/h tiba tiba speedometer nya langsung turun mendadak ke 0km/h mimin sontak kaget melihat itu dan mimin sempat mengira kalo mesin nya jebol :p tapi motor masih bisa di pacu dan kalo di tebak pasti jeruji gear di gearbox speedometer nya sudah pada gundul rontok...ketika pulang mimin diskusikan dengan bokap soal speedometer valio dan rencananya di ganti pada saat servis rutin berikutnya...lumayan awet ya gearbox kw yang mimin beli dulu...walau rontok nya terlalu dini tetapi masih bisa bertahan lama
semenjak gearbox nya rusak mimin menjadi sering mengunakan feel untuk menebak berapa kecepatan berkendara...
kalo di lihat bagian cover CVT ny terasa ini terlalu polos hanya warna hitam saja...karena saat itu juga baru-baru nyoba hobi plastik model dan sudah nyoba ngerakit gundam... rupanya marker warna bisa juga di gunakan untuk mewarnai beberapa bagian motor...akhir nya mimin pilih emblem yang tenggelam seperti logo HONDA pada cover cvt dan tutup bagasi
Seharus nya di kasih warna putih di bagian cover cvt karena terasa kurang cerah...tapi ini benar benar lebih enak di pandang dari pada polos bawaan apalagi di ganti jadi chrome-chrome aneh jadi jelek enggak enak di pandang :p
Masalah kedua pun mulai datang
Pada saat itu hari rabu malam mimin hendak ke pasar langganan untuk membeli tahu karena ada orang yang memesan
(mimin waktu itu berjualan tahu bulat untuk kesempatan menggunakan trending topic untuk mendapatkan uang :p )
ok kembali ke cerita...waktu itu valio jalan pada kecepatan normal 50km/h dan berbelakangan dengan mobil di jalanan kota...
tiba-tiba mobil itu banting stir ke kanan karena ada lobang, mobil itu berhasil menghindar tapi mimin sendiri enggak berhasil menghindar...
GUBRAK GUBRAK dua kali combo hentakan di ban depan sama belakang, lobang nya itu lumayan dalam loh sekitar 5cm..Yang parahnya pada saat itu enggak sempat nge rem jadi lobang itu langsung di sikat habis...ketika giliran hentakan ban belakang, secara bersamaan jok juga langsung terbuka dan membuat mimin ndlosor ke bawah karena jok ny langsung terbuka...kemudian mimin menepi dan memeriksa ban dan kondi valio ya semua nya aman tapi masalah baru yang mimin alami adalah jok nya yang tidak mau mengunci...Otak pun juga mulai stress karena hanya mengurusi masalah valio yang enggak kelar kelar...pulang dalam keadaan stress langsung tidur biar fresh esok nya...kaget nya pas bangun kesiangan jadi kepaksa enggak sekolah, kemudian mimin periksa dompet oh alhamdulilah ada aja duit untuk memperbaiki kerusakan valio, tanpa cap cip cup mimin langsung ke bengkel langganan terdekat untuk meng analisa kerusakan :p *AnakMalas
Di periksa montir...katanya ada plat yang menghubung kontak ke pengunci copot dan bengkok jadi masih bisa di akali terus di pasang lagi... syukur lah tapi duit lagi yang harus keluar untuk memperbaiki ini
setelah berapa lama di pakai ahirnya tiba waktu ny untuk servis rutin ganti oli...
bokap akhir ny ngasih modal ke mimin untuk servis rutin dan ganti gearbox speedometer yang baru...pas di periksa di bengkel resmi ahass rupanya kabel speedometer valio sudah karatan gak bisa berputar...kemudian di ganti dengan kabel yang baru tapi yang di sayangkan gearbox speedometer ori sedang tidak ready di bengkel ahass tersebut, tanpa basa basi mimin coba cari di setiap ahass dan hasil nya nihil
akhir nya coba ke service centre pusat nya...bahkan juga enggak ada...mau enggak mau harus beli yang kw 2 ny yang banyak tersedia di bengkel-bengkel...
pas di bongkar terdapat kejanggalan pada gearbox lama nya yaitu ini
Mana gear nya ._.
Tanpa pikir panjang gearbox baru pun langsung di pasang
tapi masalah tidak selesai begitu saja
gearbox ini punya ke anehan setelah di pasang, beda dengan gearbox kw yang lama
aneh nya speedometer berjalan lebih lambat 20km/h di banding kecepatan asli loh...
semakin lama putaran gearbox semakin berat...Masa di bawa laju 100km/h di speedo hanya 50km/h :p mimin coba cari penyelesaian awal nya coba masuki batang korek api ke gear yang menghubung ke kabel tapi tidak membuahkan hasil dan masih sama saja nahkan pas di pacu speedo tidak berkerja sama sekali...mulai kesal, dengan kesal mimin buka lagi gearbox nya terus di bongkar habis-habisan gear nya kemudian langsung di celup ke gelas berisi solar untuk melunturkan semua pelumas nya :v (betul2 kehilangan kesabaran)... kemudian di pasang kembali supaya bearing velg tidak terkena debu...
mimin ke kamar untuk mengambil dompet dan jaket unutk pergi ke bengkel dulu tempat di mana membeli gearbox kw sebelumnya...ketika pas di bawa jalan tau tau gearbox nya BERKERJA normal mimin sangat kaget campur senang melihat gearbox yang berkerja kembali setelah lama nganggur :v
PEMBERIAN DARI BOKAP
Beberapa minggu setelah berkerjanya speedometer...bokap sedang memesan beberapa stok barang ATK untuk di jual di toko (bokap adalah pemilik toko foto copy)...bokap juga sekalian membeli beberapa aksesoris motor seperti gantungan tas di bagian dek untuk di jual kembali...kemudian bokap memberikan ini ke mimin
thx bokap...walau ini enggak seberapa tapi lumayan untuk merubah sedikit tampilan valiotanpa basa basi langsung saja bongkar valio, berawal dari cabut knalpot, kemudian cabut baut velg
ada satu masalah yaitu lobang pada cover terlalu kecil dan tidak buat masuk ke as roda valio...tapi masih bisa di akali dengan bor
mumpung dalam keadaan terbongkar mimin sempatkan untuk membersihkan bagian tromol dan melepas kampas tromol untuk di cuci kemudian di bikinkan alur untuk tempat penumpukan kotoran supaya tidak menggangu kerja rem *Opini
enggak rapi :p
Beberapa hari kemudian valio sudah mulai menunjukan masalah lagi tapi kali ini masalah ny di bagian mesin dan baru kali ini mendapatkan masalah di mesin...awal keluhan adalah mesin yang suka mati kalo di geber dalam kondisi berhenti, kalo pas jalan kondisi macet stop&go mesin suka mati sendiri, hanya di akali dengan sedikit memutar mur gas di karbu untuk menaikan Idle RPM nya, 1 putaran baru gejala ini bisa hilang...ya jadinya mesin suara valio menjadi tambah berisik karena Idle RPM nya di setel tinggi
mimin ber diskusi lagi dengan bokap apa yang bermasalah...
esok pagi valio di bawa bokap ke ahass untuk mencari trouble
di bengkel valio di tune up, bersihkan cvt, vacum,tambah air radiator, ganti v-belt, ganti cover crankshaft, dan ganti busi
trus bokap bilang kalo mesin valio sudah enggak fit lagi, harus turun mesin jadi jangan lagi di bawa jalan jauh, oli nya juga harus di cek rutin kadang bisa kurang, dan knalpot juga sering misfiring
mendengar kata bokap, mimin jadi menyesal dengan perlakuan mimin selama ini dengan valio yang suka di bawa trabas ke hutan -_- lagian duit juga belum ada untuk overhaul si valio...
setelah itu valio hanya di pakai untuk pulang/pergi sekolah saja enggak ke mana-mana,
kalo mau jalan ada aja teman yang siap menemani dengan mobil nya :p tinggal sumpal mulut nya pake duit BERES dah :v
sebulan kemudian ketika cek oli mimin langsung kaget karena oli nya berkurang drastis dari terkahir kali nya di cek
mimin langsung cerita ke bokap dan esok nya valio di rujuk ke bengkel ahass langganan untuk di overhaul
Malam terkahir sebelum valio masuk bengkel
mimin bawa keliling untuk memahami kondisi valio sebelum di overhaul kemudian merasakan perbedaan setelah di overhaul, sempat 6 kali misfiring, jadi dari pada lama lama muter juga menganggu orang jadi langsung cabut pulang aja
overhaul pada umur mesin 5 tahun itu normal untuk motor matic pemakaian normal/harian
pada saat itu speedometer valio menunjukan odometer KM 44.595 lumayan jauh ya...
Untuk lebih jelas nya lihat saja nota ini...tulisan nya susah di baca xD
apakah tulisan montir juga harus seperti tulisan dokter xD
Jadi mulai saat itu mimin harus bertahan 3 hari tanpa valio...
pergi sekolah di antar kakak yang sekalian pergi kerja...pulang ny pesan g*jek online lewat hp
keuangan pun juga jadi boros karena harus membayar g*jek setiap hari beda dengan sewaktu bawa valio yang hanya seminggu dua kali isi bensin full... kadang dipinjamkan motor vario milik paman karena paman sedang libur kuliah jadi nganggur di rumah dan motor nya di pinjam ke mimin untuk sekolah...rasanya benar benar beda di banding valio apalagi motor ini roller nya sedikit di modif jadi akselerasi nya memang lebih bagus dari valio tapi top speed nya lebih rendah dari standar pabrik...
tak terasa sudah 3 hari valio nginap di bengkel dan sudah selesai di overhaul, bisa di bawa pulang kembali...rasa rindu langsung terobati ketika valio sudah terparkir kembali di depan rumah...bokap pun bilang kalo itu motor jangan di geber geber dan jangan di bawa laju karena lagi dalam masa inreyen dan piston dan ring piston nya di oversize jadi butuh pembiasan lagi dan harus di perlakukan seperti motor baru...
kemudian mimin mencoba kembali valio ke perumahan dekat rumah mimin dan mencoba beberapa kali putaran dengan kecepatan 40% dan 50%
rasanya benar benar beda di banding sebelum nya, suara mesin juga lebih meraung ketika jalan pelan, bahkan motor ini terasa berat tarikan nya rasanya kayak lagi membawa penumpang, wajar karena mesin belum terlumas sepenuhnya dan lagi kondisi inreyen
1 minggu pemakaian valio sudah mulai pulih dari masa inreyen dan mulai enak, tapi mimin belum berani memacu valio karena oli pertama nya juga belum di ganti...enggak sempat di ganti karena kakak sepupu menikah pada saat itu, jadi urusan motor tertunda seminggu.
Minggu selanjut nya valio di bawa kembali ke bengkel ahass langganan untuk ganti oli sekaligus oli cvt, setelah dari bengkel valio menunjukan perubahan, kali ini valio sudah pulih seperti semula dan bisa di pacu kembali...
untuk akselerasi masih sama saja, tarikan sedikit lebih enteng dari sebelum nya, mimin merasa puas dengan perubahan valio hingga semangat jiwa motor kembali timbul setelah berapa lama tertidur xD...
Kemudian mimin langsung membuat skema untuk rencana modifikasi, kali ini memasang kembali stiker scotlite hitam bening di speedometer karena mika asli nya sudah mulai retak parah, pasang scotite oren untuk membuat tampilan valio menjadi nyentrik,
Langkah awal adalah menghilangkan retak pada mika speedometer, setelah cari cari di internet akhirnya dapat cara nya yaitu dengan di tuangkan grease/gemuk atau oil can kemudian di usap sampai merata seluruh mika speedometer kemudian biarkan selama mungkin tergantung seberapa parah nya retak setelah itu di bersihkap dengan tisu bersih hingga tidak ada oli sedikit pun, kemudian bersihkan pakai air terus di sabun....
Begitu selesai mimin ke bengkel terdekat untuk membeli lampu speedometer yang baru karena lampu biru nya kurang terang jadi kalo di kasih scotlite nanti jadi susah kelihat... belinya warna putih karena paling terang dari semua LED model jagung...
untuk LED biru bekas speedometer sebiji di pasang ke indikator lampu high beam supaya lebih terlihat biru nya :p
Esok nya valio di bawa ke toko sticker untuk memasang sticker scotlite di beberapa bagian sekalian menebalkan nopol valio yang baru
untuk scotlite speedometer di pilih tidak terlalu gelap jadi masih bisa di lihat jelas pas siang hari...
Well valio jadi tampil lebih cantik di banding sebelumnya
langsung saja valio di cuci terus bawa ke perumahan dekat rumah kemudian sesi foto foto :p
Artikel ini mimin buat dalam ke adaan sadar, sesadarnya dan semua cerita mimin yg ceritakan ini NYATA semua dan sekarang jika mimin ingat2 semua nya terlihat akan kebodohan dan kelabilan masa anak-anak, jadi mohon maklum nya.
dan saran mimin untuk kalian yang masih lekat dengan yg nama nya (BOY) yg juga main di dunia otomotif baik itu mobil maupun motor.
sebaik nya jangan coba2 lakukan apa yg mimin ceritakan di atas, cerita ini mimin buat untuk sharing pengalaman bukan untuk di tiru, jadi kebijakan pembaca sangat mimin sarankan
Sekian perjalanan valio yang sudah terjadi...masih panjang cerita perjalanan mimin bersama valio yang masih belum di ketahui...mungkin akan terjadi dan di ceritakan di part 3 ;)
Terima Kasih sudah mau membaca cerita/curhat mimin
Sekian Terima Kasih
Tidak ada komentar :
Posting Komentar