Sabtu, 11 Maret 2017

Namanya valio Pt.3 (Eurobeat Intensifies)

Halo Bro/Brosis

Udah lama ya gak berjumpa dengan mimin
sorry kalo mimin lama enggak update blog ini, soal nya jadwal mimin juga lagi padat ngurus ini lah itulah, mana musim try out udah deket lagi huft -,-
mungkin habis bikin artikel ini mimin sibuk balik ngurus kegiatan tiap hari, tapi jangan khawatir bagi pengunjung setia blog ini, kan ada admin Tak_Kasih_Nangka_Jatoh yg siap mengupdate blog ini
BTW nick ny kok aneh ya -_-....




lagi-lagi artikel valio -_-
ya dah mimin lanjutin kisah nya, bagi yang belum membaca part 2 dan part 1 nya mohon di baca ya

PART 1
PART 2

kisah valio ini memang masih baru, belum lama2 amat sih, baru setahun dan masa bakti valio juga masih lama, nunggu mimin udah punya mobil kali, baru valio udah bisa pensiun :p


kisah lanjutan dari Era Restorasi
dari luar memang sangat lah sempurna, pas di lihat dekat2 barulah terlihat betapa cacat nya motor ini, sebenarnya gak lama sehabis ganti flasher, reting kiri valio jadi gak mau nyala, padahal di speedometer nya nyala,begitu di cek rupanya kabel ada yang putus, mimin biarkan aja lagian belok kiri bukan prioritas utama pas nyetir soalnya gak nyebrang jalan, kalo mau stop udah pasti ambil pinggir kiri jalan supaya gak nabrak orang di belakang, masalah nya ketika di persimpangan jalan, ya akali aja pake melambaikan tangan jadi orang2 pada tau kalo mau belok kiri, rasa2 udah muak sama masalah ini, coba2 jalan ke bengkel nanya harga perbaikan nya, pas di periksa terus kata montir nya  kena 65rb, eh buset mahal amat, ya dah biarkan aja lagi, baikin aja sekalian pas ganti oli mesin di bengkel ahass siapa tau murah


Sticker midnight, biar terlihat seperti motor kencang :3 padahal mesin masih standard dan lari nya juga lemot :p







gak seperti biasa, kali ini valio lebih sering nganggur di rumah, terjemur sama kehujanan, soalnya parkir nya di depan rumah gak parkir di bawah kanopi rumah, biar praktis :p
cuman bawa ke sekolah, kadang di bawa jalan sekedar ngisi bensin sama buang sampah doang,
jadi perbaikan kabel reting di tunda agak lama, bodi pun juga udah agak berdebu karena faktor jalanan yang sedikit berpasir, udah gitu banyak juga truck2 yang lewat

Agenda tahun baru 2017
waktu itu sekitar tanggal 30 desember, mimin di ajak hangout rame2 sama temen ke bigmall, lumayan dapat kenalan teman baru, hari itu kalo gak salah hari jumat, pagi jam 9 mimin menjemput teman baru, di dekat Sman 2 Samarinda, habis itu meluncur ke masjid karena udah tiba waktu nya sholah jumat, begitu selesai sholat baru meluncur ke big mall sekalian nunggui teman yang lain datangan, lama keliling, basa basi gak jelas, makan ini itu, sore baru lah kami pulang, mimin mengantar lagi teman mimin tadi ke sman2 dekat rumah nya, pas mau buka hp sebentar, langit sudah gelap sangat padahal baru jam 5:50...persetan dengan cuaca langsung saja tancap gas, begitu sampai di karang mumus, langsung di sambut hujan badai, "vangke hp ku basah kampret" langsung saja valio di gaspol supaya gak basah terus cari tempat teduh, lagi2 dapat tempat ini -,-
menunggu juga rasanya percuma, ini hujan badai pasti lama reda, ya dari pada nunggu lama di sini baik trabas saja hujan2,

hp dompet di amankan ke bagasi valio, terus langsung tancap gas,
langit semakin gelap karena sudah mendekati jam 7 di tambah intensitas hujan yg cukup parah hingga jarak pandang jadi terbatas,
kalo di ingat2 radius pandangan ke depan cuman 2.5 meter jadi mimin gak tau apa yang ada di depan dari jauh,
nyalakan high beam juga percuma, rasanya seperti gak pakai lampu,
bodoh nya lagi kenapa valio malah di geber sampai 75kmh, rasanya seperti hujan kerikil, badan terasa sakit2 kena air, bahkan saking deras nya hujan, air nya sampai masuk ke dalam helm -,-
begitu sampai daerah teluk lerong semua semakin gelap,
gak ada lampu yang nyala sama sekali, pasti lagi mati lampu,
situasi semakin parah, di depan ada pengendara motor yang jalan pelan di tengah, langsung mimin salip gitu aja, tanpa di sadari di sebelah kanan jalan ada pohon yang tumbang, akhir nya ketabrak dah tuh pohon, untung yang di tabrak bagian ranting pohon yg kecil2, bukan dahan yang besar2 -,- bukan nya takut mimin malah semakin senang saat itu, merasa ada tantangan, seperti bermain game, langsung saja tambah kecepatan nya, begitu sampai slamet riyadi, jalanan macet, gak ada yang bisa di lihat selain lampu2 kendaraan orang lain, ada yang lagi trabas hujan hujanan juga, ada yang nabrak pohon, ada yang nunggu hujan reda, di sini mimin lagi2 nabrak ranting pohon sampai 3 kali,
begitu sampai rumah valio langsung di siram pakai air bersih terus di lap, untung gak ada yang lecet, cuman bekas lumut2 dari pohon yg nempel ke moncong valio.


esok nya, ketika malam tahun baru, valio udah mulus di cuci, pas mau jalan, jiah ban nya bocor -_-, terpaksa pinjam motor paman dengan jaminan isi bensin+cuci+paste wax...sementara valio ganti ban belakang, ganti nya pake mp76 bekas saja,
anak2 gak bisa pegang uang banyak -,- jadi apa adanya lah

Waktu itu hari minggu pagi tanggal 8 Januari, biasa lah agenda minggu pagi rutin, nyuci motor, begitu semua motor dah bersih, perut udah lapar, langsung aja keluar rumah nyari makanan, ketemu pak le jualan bakpao, borong 3 biji aja,
dari cerita memang gak ada yang aneh, pas mimin mau bayar bakpao tau2 standar valio tenggelam ke tanah terus jatuh, BRAK...terebah habis, sampai spion tertekuk untung gk pecah, ini spion ke 5 loh :p untung spion nya kuat ini spion ORI eks vario 125 punya bokap, ampun dah baru aja di cuci kotor lagi gara2 lumpur bekas jatuh,
valio jatuh gara2 parkir di tanah yg lembek


sampai rumah langsung periksa kalo ada lecet atau rusak,
tuas rem depan bengkok (sampai sekarang belum di ganti)
cover knalpot pecah, cuman 1 baut aja yang nahan (waktu itu beli yg kw) (sekarang sudah di cabut)
baret hitam di body depan bagian samping (akalin pake tipe ex :p )

padahal mimin udah malas banget restorasi nih motor, malah ada aja yang rusak lagi
tapi urusan penampilan di nomor duakan saja soal nya ini motor gak enak banget kalo di bawa ngebut sama lewat jalan rusak rasanya keras banget terus njut njutan lagi kayak per ballpoint

coba2 liat harga shock di internet, ah mahal, kalo harga nya udah masuk di atas 150rb malas rasanya beli, jadi cari alternatif lain, ya suntik shock
besok nya valio di bawa ke bengkel shock,
bongkar shock nya di periksa keseluruhan nya, overall semua masih bagus spring, shock, seal masih utuh, jadi bisa di suntik ganti oli nya,
dari awal keluar dealer baru ini kaki2 valio di periksa,
untuk pemakaian harian ini lumayan awet loh bisa tahan sampai 5 tahun, biasa cuman sampai 4 tahun kata montir yang ngurus valio,

begitu shock belakang sudah selesai, sekalian periksa shock depan
seal nya rusak, terdapat kebocoran oli dari kedua shock, karena duit mimin kurang jadi ya belakang aja yg di baiki, shock depan ini bakal rusak gak lama lagi kata montir nya, (entah mau nakut nakuti :'v) katanya cuman tahan seminggu saja

coba test di top speed...
kali ini bukan ringroad, tapi jalur tepian malam2 sekalian di temani admin Tak_Kasih_Nagka_Jatoh dengan greco andalan nya



hasil nya ya lumayan, getaran ban belakang terasa lebih minim, besok lusa nya bawa lagi ke bengkel shock yang sama untuk perbaikan shock depan, ganti seal terus ganti oli shock


test di ringroad, kok aneh rasanya, rasanya jauh lebih keras dari sebelum nya, bahkan gak njut njutan, 
kali ini terasa bergetar rasanya kayak gak ada spring, untung cuman terasa di jalanan cor semen, pas di jalanan aspal terasa halus :) valio akhir nya sempurna, di bawa pelan enak, di bawa laju juga enak. 

besok nya ke toko sticker langganan untuk pasang skotlite black matte di headlamp, pasang alis lah istilah nya 



Akhir nya sudah tiba waktu nya ganti oli mesin, periksa lewat odometer, telat 16km gak apalah, langsung saja meluncur ke bengkel ahass terdekat untuk ganti oli sekalian respirasi kabel reting, lagi lagi di temani admin Tak_Kasih_Nangka_Jatoh -,-


total ongkos nya 75rb, 40rb untuk ganti oli, 35rb untuk respirasi kabel, akhir nya reting kiri nya bisa nyala kembali setelah berbulan-bulan mati gak nyala, lega dah hati ini 

restorasi sektor kaki2 dan kelistrikan dah kelar, kembali lagi ke body





Pembaca setia blog ini pasti tau motor yang di sebelah valio ini
Yap revo fit keluaran 2011 punya kawan mimin yang pernah di review di blog ini, mimin lagi main bola basket bareng yang empunya motor ini.



Tahap yang membosankan
Kali ini restorasi di bagian dek dan kolong, dek nya udah buluk banget, dari pertama pegang sampai sekarang gak di urusi, mana keuangan juga lagi cekat, ya udah kumpulin aja dulu uang nya sekalian cabut dek2 nya terus di amplasi, amplas tahap pertama pakai amplas yang paling kasar sampai permukaan nya bertekstur seperti bulu, kemudian di amplas pakai amplas halus sampai permukaan nya halus,

jadi selama seminggu valio di pake dalam keadaan separoh telanjang :v wkwk, keuangan mimin lagi krisis jadi belum ada duit buat beli dempul sama cat, sampe bokap ngomel, akhir nya project lanjut dengan modal apa adanya, rencananya mau pake pilok merk samurai, tapi malah kebeli apa yg ada 
 Pakai pilok kalengan yg murahan saja lah, yang penting terlihat lebih bagus di banding sebelum nya...di tahap akhir di beri top coat clear lacquer




Kelar juga akhir nya :* tanpa nunggu lama langsung saja pasang kembali ke valio 
dari jauh lumayan bagus lah, kalo dari dekat -_- ada beberapa bagian yang retak2 (lumayan awet kok, masih bagus sampai sekarang ini)


Bingung mau di apain lagi ni valio, liat lagi fisik nya lebih detail, ya sticker nya, udah bolong2 gara2 bekas nyengol/jatuh ada bagian yang udah pudar, jadi ya cabut saja sticker nya, 
jujur ya, ini tahap yang paling menyebalkan kenapa? 
Karena sticker bawaan honda lumayan susah loh di cabut nya, butuh kesabaran ekstra dan ketelitian untuk mencabut sticker ini


untuk melepas 1 bagian saja memerlukan waktu hampir 2 jam, menjengkelkan -,- 
bahkan tahap ini di bagi jadi 2 sesi, sesi pertama untuk sticker bagian depan, sesi kedua untuk sticker body belakang.

sesi pertama selesai di lanjutkan sesi kedua besok nya 
boleh lah 8)

setelah beberapa hari, admin Tak_Kasih_Nangka_Jatoh mencoba valio terus menganalisa untuk versi dia, artikel nya dapat di baca DI SINI

menurut mimin hasil data yang di analisa admin Tak_Kasih_Nagka_Jatoh berbeda dengan data mimin, valio bisa jalan lebih laju kalo mimin yang bawa, mungkin saja dari faktor driver nya, 

admin Tak_Kasih_Nangka_Jatoh berpostur tubuh gemuk dengan tinggi badan 180cm 
berat badan 70kg 

sedangkan mimin sendiri berpostur tubuh jangkung dengan tinggi badan 170cm 
berat badan 50kg, 
selain faktor postur tubuh mungkin faktor nyali juga, karena ini baru pertama kali nya bagi dia untuk test motor orang, sedangkan mimin udah terbiasa dengan valio, sudah paham seluk beluk kelebihan dan kelemahan valio.




modif dikit lampu senja dengan menukar lampu reting, bagus dikit lah kalo agak oren nyalanya




Analisa baru, Data baru dari Admin Ryo_Asakura
karena data yang mimin punya masih terasa kurang lengkap, dan juga udah lama tidak di update, data terakhir update ketika valio belum turun mesin, coba2 lah test jalanan yang masih asing, pilihan jatuh ke jalanan ke Balikpapan! 

Sebelum pergi valio isi bensin dulu pertalite full 

di jalan apt.pranoto, tempat di mana admin Tak_Kasih_Nangka_Jatoh test valio...data nya beda dengan data yang baru saja mimin dapatkan, top speed admin Tak_Kasih_Nagka_Jatoh hanya 90kmh sedangkan mimin dapat 95-100kmh...

Setelah stop bentar ambil foto, langsung tancap gas ke bukit soeharto untuk jalan menuju ke balikpapan, 
begitu memasuki daerah loa janan mimin merasa kagok karena jalanan ini masih asing banget, sebelum nya sering aja lewat sini kalo mau ke balikpapan, 
tapi baru kali ini nyoba nyetir di jalanan ini, tapi untung nya mimin bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan ini, 
dimana kecepatan 50kmh sudah di haramkan di jalan ini, zona di mana orang2 mengemudi dengan laju, 
mau gak mau valio juga harus di geber sampai batas maksimal...di mana mobil2 di situ berjalan dengan kecepatan rata2 70kmh sedangkan valio bisa sampai 90-100kmh...tapi apa yang di katakan admin Tak_Kasih_Nangka_Jatoh benar sekali, tenaga valio betul2 terasa boyo, apa lagi ketika menyalip mobil dalam kecepatan tinggi, paling cepat sekitar 4 detik baru bisa kesalip tuh mobil, selain itu juga terasa pas pemulihan kecepatan sehabis tikungan, 

ketika memasuki bukit soeharto mimin pacu valio habis-habisan, tikungan demi tikungan mimin trabas dengan kecepatan tinggi, berusaha membuat rekor di tempat itu -,- kira balapan kah -_-
rasanya sangat asik bisa melaju kencang di tikungan, apalagi jalanan bukit soeharto ini seperti jalan touge di jepang, tak lupa earphone terpasang di telinga sambil mendengar beberapa lagi genre Eurobeat seperti De Ja VU, Black Out, No one sleep in tokyo :p.

ketika sampai daerah samboja bensin valio sudah sekarat, mau gak mau mimin harus mengubah gaya nyetir yang tadi nya agresif jadi ke mode irit :p, gak lama jalan akhir nya ketemu spbu terdekat

 isi pertalite full habis sekitar 25rb

kemudian perjalanan di lanjutkan, trek kali ini lurusan panjang sekali,
bagian sini lah valio benar2 payah, tenaga nya benar2 boyo, bahkan ngejar truck saja gak bisa -_- top speed masih sama sperti ketika di loa janan 90-105kmh, tapi tanpa tikungan, suara mesin juga sudah teriak meronta, tanpa belas kasih mimin tetap geber valio, di pikiran sudah takut jebol mesin  :p ....

Tapi kali ini lebih sulit nyalip mobil orang, karena valio udah kehabisan tenaga dan juga orang2 bawa mobil di sini lebih laju, jadi ya mau gak mau jalan di belakang mobil orang itu,
sampai ke balikpapan, mimin ambil jalan menuju mt.haryono terus ke balikpapan baru, guntung guntur, gunung kawi, rapak.
Kemudian mampir di spbu lagi untuk mengisi bensin persiapan pulang, mimin di balikpapan gak lama2 amat cuman setengah jam dah habis itu pulang lagi ke samarinda.

Tragedi terjadi ketika di loa janan ketika tikungan kanan,
tiba2 ada 2 truck dari lawan arah lagi melaju, mau gak mau mimin ambil sebelah kiri untuk cornering, padahal cornering ke kanan, terus ngambil jalan bagian sisi luar bisa menyebabkan understeer, ya valio langsung understeer terus keluar jalur, berjalan laju di atas tanah, kemudian ada gundukan yang gak sengaja mimin tabrak, valio melompat terbang :p , untung nya mimin sudah prediksi hal ini dan sudah ahli jadi masih bisa di antisipasi, setelah lama di perjalanan, akhir nya mimin tiba kembali di kota samarinda dalam keadaan selamat, tapi seluruh bada terasa pegal apalagi jari kelingking kanan mimin, mungkin karena efek tuas rem depan yang masih bengkok juga efek getaran shock depan, bokong juga terasa panas dan sakit karena jok nya keras.

untuk data yang mimin dapatkan tidak mimin sebarkan karena urusan privasi

NOTE
Artikel ini mimin buat dalam ke adaan sadar, sesadarnya dan semua cerita mimin yg ceritakan ini NYATA semua dan sekarang jika mimin ingat2 semua nya terlihat akan kebodohan dan kelabilan masa anak-anak, jadi mohon maklum nya.

dan saran mimin untuk kalian yang masih lekat dengan yg nama nya (BOY) yg juga main di dunia otomotif baik itu mobil maupun motor.
sebaik nya jangan coba2 lakukan apa yg mimin ceritakan di atas, cerita ini mimin buat untuk sharing pengalaman bukan untuk di tiru, jadi kebijakan pembaca sangat mimin sarankan


Sekian artikel entah ini panjang atau pendek, ah yang penting sudah update lah :v
Terima Kasih sudah mau membaca artikel ini sampai selesai :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar