Lama sekali gak review kendaraan, karena lagi beruntung akhir nya mimin bisa review motor lagi, bahkan unit yg mimin test kali ini masih dalam keadaan MINT CONDITION.
Unit itu adalah sebuah motor Suzuki Satria FU 150 FI keluaran 2016
Oke mimin bahas mulai dari tampilan nya
BTW Unit yg mimin riview adalah tipe tertinggi dengan warna Black Predator, untuk warna black predator terlihat berbeda jika di banding dengan warna yang lain,
motor ini menggunakan warna black matte (hitam doff), dan menggunakan emblem timbul di seluruh body, dan tidak menggunakan sticker body layaknya model yg lain.
Motor ini mempunyai ciri khas Ayago, yaitu perpaduan design motor bebek yg ramping dengan motor sport kemudian di cangkok dengan mesin jempolan, cocok sekali kombinasi body ramping dan mesin 150cc nya, di tambah lagi bobot nya yg lumayan ringan (109kg) .
Design bagian depan dan samping masih terasa kesan satria lawas,
sedangkan bagian belakang nya benar-benar berubah, tidak ada aura ataupun kesan satria lawas di bagian belakang motor ini.
Untuk fender belakang alias spakbor rupanya bisa di lepas menjadi 2 bagian, yaitu bagian paling bawah belakang, hingga bagian bawa nomor plat*CMIIW, jika masih kurang puas, bisa lagi di lepas hingga lampu belakang sehingga menambah kesan racing look pada motor ini.
Awal kali lihat, mimin kira ini tempat hook
Rupanya tempat pengisian radiator coolant
Ban kecil dan piringan rem cakram kecil juga
Ban dengan profil ukuran
70/90 R17
untuk masalah design ny cakep atau enggak itu tergantung selera masing-masing, menurut mimin motor ini sungguh motor yg ganteng.
Kegantengan yg joki juga bisa naik 100% kalo naik motor ini, cocok untuk menarik perhatian kaum hawa :p
-ENGINE
Di bekali dengan mesin 4 tak, DOHC, Single Cylinder 4 valve 150cc yang sudah menjadi ciri khas satria fu, untuk di sektor pembakaran menggunan Fuel Injection dengan Dual Spray Injector, untuk cooling system mengunakan radiator coolant dan ukuran radiator nya lumayan besar,
mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 13.KW/10.000RPM atau 18HP dan torsi 13.8 Nm/8.500.00 RPM
mesin ini mampu berakselerasi hingga rpm REDLINE nya mencapai 13.000RPM
Di bagian Gearbox di bekali dengan gearbox Sequential*CMIIW 6 Speed Manual
Kemudian mimin survey bedasarkan Spec, Klaim Pihak Suzuki, Owner Experience, dan Gear Ratio yg mimin selidiki, motor ini mampu di pacu hingga top speed 175kmh di 13.000rpm dengan catatan kondisi mesin prima degan berat badan pengemudi sekitar 55kg hasil nya mungkin bisa lebih dari yg mimin sebut.
Untuk Konsumsi BBM juga keiritan nya tergantung postur tubuh pengemudi, kondisi mesin dan cara mengemudi, jika ingin nyetir gaya irit ada fitur eco riding yg memberitahu batasan RPM maksimal nya.
Jika mimin perkirakan, untuk pemakaian daily dalam kota dengan bensin oktan ron 92 bisa dapat 1:35 paling boros dan 1:50 paling irit
untuk perhitungan mimin motor ini sangat irit, mesin berperforma tinggi yg ramah untuk di pakai dalam kota asal sudah biasa menarik kopling pada saat macet.
kapastias tangki bensin yaitu 4 Liter, sedikit lebih kecil jika di banding dengan model lawas nya yg berkapasitas 4.2 Liter
Untuk bensin mimin rekomendasi menggunakan ron 92 minimal, mengingat kompresi mesin nya yang tinggi yaitu 11,5:1 sudah semesti nya sangat di anjurkan untuk menggunakan bensin miminal RON 92 yaitu pertamax, dan itu juga membuat komponen mesin lebih awet dan lari nya juga tetap kencang.
motor bergengsi, bensin nya pun juga harus yg bergengsi
NOTE
Urutan posisi gigi
1-N-2-3-4-5-6
-IMPRESI
Untuk badan mimin yg kurus jangkung dengan tinggi 172cm bb 53kg ketika menunggangi motor ini terasa nyaman, jok nya terasa empuk2 keras, kaki juga tidak terasa panas dari gearbox, badan juga tidak terlalu bongkok,
bahkan mimin rasa bawa valio jauh lebih bongkok lagi :p
Model di atas adalah orang dengan tinggi 166cm berat di bawah 60kg
Menurut saran mimin
motor ini cocok untuk Bro yg tinggi badan nya di kisaran 160-175 cm dengan postur tubuh normal
Meningat design nya ramping, jangan tertipu ketika melihat jok belakang nya yang terlihat sangat kecil, ketika mimin duduk, terasa nyaman, posisi behel ny tepat sehingga nyaman di genggam,
kaki juga tidak terasa panas dari knalpot,
tetapi kenyaman itu hanya sesaat dan hanya untuk pemakaian dalam kota, jika di bawa keluar kota bisa membuat badan pegal.
Untuk soal kepraktisan tergantung si pemakai
Mengingat design ny yg ramping, motor ini sangat minim storage penyimpanan,
Penyimpanan hanya ada pada bagian tengah, dan kapasitas nya pun tidak terlalu besar,
Menurut mimin masalah kepraktisan dan fungsionalitas ny masih termasuk reasonable, jika storage penyimpanan di suatu motor di perbanyak pasti harus rela mengorbankan ukuran nya dan total berat nya juga akan bertambah.
-HANDLING
Ketika mimin bawa jalan2, yang pertama mimin ulas adalah suspensi nya, untuk shock depan terasa stiff, monoshock belakang ny juga stiff dan tidak mentul2 saat membawa penumpang, kurang nyaman di jalan rusak, cocok untuk jalanan kota yg mulus, poin plus dari suspensi yg keras yaitu motor menjadi lebih baik handling ny, dan shock keras ny ini masih termasuk wajar untuk ukuran motor sekelas ayago atau kelas sport di atas nya,
Terasa enak untuk melibas berbagai tikungan, karena mimin terbiasa bawa matic, motor ini terasa understeer, padahal sebenarnya masih bisa lebih belok lagi.
-FITUR
Untuk fitur motor ini sudah di bekali dengan beberapa fitur yg lumayan canggih yaitu, lampu full LED, Phone Charger, Speedometer digital, Trip A-Trip B, Eco Mode, Oil Change Interval yg memudahkan pengguna nya untuk melakukan servis rutin ganti oli,
Mimin ulas mulai dari fitur speedometer digital ny
terdapat 2 tombol,
tombol pertama adalah tombol Select untuk melihat Trip A-Trip B dan odometer
untuk tombol ke 2 adalah Adjust untuk mengatur Eco Ride
Mode Normal
Lampu indikator RPM tidak menyala sama sekali di RPM manapun, bisa geber-geber sesuka hati.
Mode Low
Lampu indikator RPM menyala berkedip pada 4500 RPM, dengan tujuan memeri tahu pengemudi untuk mengurangi putaran mesin atau menaikan posisi gigi, sehingga bisa membuat irit bensin.
Mode High
Lampu indikator RPM menyala berkedip pada 9500 RPM dengan tujuan memberi tahu pengemudi untuk mengganti posisi gigi yg elbih tinggi, kurang lebih seperi Shift Indicator supaya bisa mendapat akselerasi yang lebih baik.
Ketika kunci kontak di nyalakan, selagi sedang proses memompa bensin, speedometer menunjukan tulisan berupa "FU READY" kemudian di lanjutkan "150 GO" Setelah itu motor bisa di starter
Alarm juga sudah tersemat pada tipe motor ini, beserta charger, untuk tipe di bawah nya tidak di sematkan, tetapi menjadi fitur opsional tambahan
Sisanya adalah Kunci pengaman dengan magnet, Electric Starter DLL
========================================================================
Motor ini sangat cocok bagi bro yg ingin gaya dengan budget 21 juta kebawah sudah bisa mendapat motor ini, body yg ramping dan ringan namun bertenaga besar dan stabil, terasa lincah untuk melibas berbagai tikungan, dan motor ini mempunyai sensasi tersendiri ketika di kemudikan, mimin pun juga sependapat, awal nya mimin agak sinis melihat motor ini karena image fanboy yg terbawa dari generasi lama nya, setelah test sana sini sekalian belajar motor kopling, rupanya ada rasa sensasi tersendiri yg gk bisa di jelaskan dengan kata, menurut mimin ini motor yg bagus tetapi kurang praktis untuk orang macam mimin ini
-Kelebihan
+Body ramping dan ringan
+Irit
+Bisa di pakai daily sekaligus trackday (kondisi standard pabrik)
+Mesin Bertenaga
+Mesin Responsif
+Design Futuristik
+Kaki kaki stabil
-Kelemahan
-Kurang cocok di pakai macet-macet jika tidak biasa menarik kopling
-Suspensi keras *RELATIF
-Minim penyimpanan *REASONABLE
Tidak ada komentar :
Posting Komentar