Sabtu, 03 November 2018

Project Reddo (2011 Honda Vario Techno 110)

Halo Bro/Sis

Kali ini mimin mw bikin cerita baru, tentang motor milik teman akrab mimin waktu SMP, karena mimin bersama teman mimin teman seperjuangan, juga sama2 pengguna vario techno 110 yg juga sama2 penyuka otomotif.



























untuk kali ini mimin bikin cerita dengan sudut pandang orang ke 3. jadi anggap saja orang lain yg mengetik bagian awal kisah ini .....








2011
Motor ini di beli oleh seseorang, untuk menggantikan kendaraan sebelum nya (supra x), dia (teman admin ryo asakura owner reddo) pada saat itu masih kelas 4 SD karena dia masih sd jadi tidak di perbolehkan untuk nyetir motor, jadi saat awal masih baru nya motor itu di gunakan oleh kakak dan orang tua nya, anak itu sangat menyukai motor baru itu, terkagum dengan model nya yg terlihat keren.

2013
Singkat cerita, beberapa tahun kemudian (2013) kelas 7 SMP, motor itu jadi kurang terawat, karena dari awal motor ini di beli untuk di pakai tempur hari-hari, bukan untuk di elus2, motor itu sampai tidak di perhatikan kondisi nya hingga mengalami berbagai kerusakan, mulai dari yg biasa saja hingga kerusakan yg sangat parah, bahkan kerusakan juga sampai ke sektor mesin nya, hingga memakan biaya yg mahal untuk memperbaiki semua nya, bisa di bilang semua bagian motor ini sudah tidak bagus lagi, kondisi body ny pun juga tidak kalah buluk nya, hingga akhir nya kakak ny tidak lagi menggunakan motor itu, akhir nya dia lah yg memegang motor itu, namun dia orang yg awam tentang kendaraan/mesin.
anak itu masih belum bisa menemukan solusi gimana supaya motor itu bisa kembali bagus dan di tambah kondisi keuangan ny juga tidak mencukupi untuk memeprbaiki motor itu.

2014
1 tahun kemudian (2014) kelas 8 SMP, anak itu menjadi panitia dalam kegiatan mos (ospek) di sekolah nya, pada saat itu dia bertemu dengan salah satu adik kelas nya (Admin Ryo Asakura), dia (mimin) terlihat seperti anak pendiam, enggak paham lingkungan, dan loyo (bukan lugu) (pemalas)

Setelah beberapa bulan mereka berkenalan, dia mengikutkan anak itu (mimin) ke geng kakak kelas nya, karena anak itu (mimin) seorang penggemar otomotif(mobil), namun sempat ada topik pembahasan motor di antara mereka berdua, ngobrol2 bahas motor, pada saat itu (mimin) sangat menyukai motor itu (reddo) karena sama persis dengan motor milik kakak nya (valio). kebetulan anak itu (mimin) jauh lebih mengerti masalah mesin/kendaraan di banding dia (owner reddo).


.....................................................................................................


Karena dia sudah kenal mimin, dan mimin sudah memasuki bagian cerita, jadi mulai paragraf ini mimin lah yg bercerita.

Teman mimin saat itu sedang membawa motor, mimin tidak tau persis bagaimana cerita nya, teman mimin di tilang polisi, dan motor nya di sita selama beberapa bulan, setelah motor ny mau di ambil kembali, kunci motor nya hilang, sehingga harus di buatkan kunci duplikat.



Setelah mimin baru bisa nyetir motor, dulu mimin tidak di bolehkan bawa valio, jadi mimin di pinjam kan motor ini sama teman mimin, waktu itu kalo mimin ingat kondisi nya (maaf) super mengenas kan, spakbor depan pecah, lampu mati, mika headlamp pecah, body hancur sering nabrak, selang radiator robek sehingga menyebabkan motor ini overheat, suara mesin yg sangat jelek karena piston ny sudah kena, dan motor itu kalo di bawa jalan, sangat tidak stablil oleng sana sini, karena ban depan yg mulai gundul dan karet swing arm ny tidak ada sehingga chassis dan mesin(ban belakang) tidak terpasang dengan kokoh.

Tapi hebat entah sadis atau apalah, dengan kondisi seperti itu motor ini bisa di ajak keluar kota, ke Tenggarong waktu itu bersama mimin, bahkan motor ini juga sempat di bawa ngebut sampai 100kmh, sampai rumah tanpa kendala sama sekali, menurut mimin bensin motor ini boros nya luar biasa, mungkin lebih boros dari land cruiser fj40 bensin. 1 tangki bensin full hanya bisa berjalan sampai kurang lebih 3km saja.


Awal dari Project Reddo



setelah akhirnya mimin pegang valio
dulu mimin tidak ikut campur kalo motor ini di perbaiki, karena mimin rasa teman mimin ini paham, namun sekali nya tidak, mimin rasa teman mimin ini selalu menjadi korban bengkel, jadi mulai saat itu mimin ada sedikit perhatian dan ingin ikut kalo motor itu di perbaiki.





























Mohon maaf untuk sensor muka nya mimin pakai apa yg ada




Perbaikan pertama yg mimin ingat itu kalo nggk salah pas lampu depan mati, setelah bohlam lampu baru di beli, beli hanya 1 biji saja karena tidak ada uang waktu itu, setelah berjalan beberapa meter lampu itu putus dan mati, awal nya mimin bingung, apa yg bermasalah, karena pada saat itu jg mimin masih belum begitu memahami masalah2 pada kendaraan. setelah browsing rupanya biang kerok dari lampu yg selalu putus adalah regulator nya (kiprok), karena harga nya yg mahal, jadi tidak di ganti,








beberapa minggu kemudian, motor itu mogok, teman mimin kebingungan karena sudah menelpon semua teman2 nya, tapi tidak ada yg bisa bantu, saat itu hanya mimin saja yg belum di telpon, iseng2 dia menelpon mimin, akhir nya mimin datang bawa valio, tapi bodoh nya, mimin tidak bawa tali buat narik, sampai sana, tidak membuahkan hasil, kami ber 2 hanya bingung2 gimana motor ini bisa gerak, tiba2 teringat dengan metode mendorong menggunakan kaki, yg di injak ke knalpot, akhir nya motor bisa berjalan, namun begitu sudah dekat rumah, motor itu tiba2 ban belakang ny tidak mau berputar sehingga valio hampir jatuh, karena sudah dekat rumah, jadi motor itu di tarik ke rumah dengan tenaga maksimal, ngos ngosan ny bukan main.



Setelah kejadian itu, motor itu sempat terbengkalai di halaman rumah berbulan-bulan lama nya, hingga odometer valio berhasil nyalip odometer ny reddo. saking lama nya terbengkalai, motor ini sampai berdebu, setelah lama terbengkalai, akhir ny teman mimin punya dana untuk menghidupkan motor ini kembali, karena ada banyak kegiatan yg mengharuskan menggunakan motor, jadi reddo awal ny di dorong pakai valio sampai ke bengkel, pagi masuk, sore nya sudah keluar, mimin bersama teman mimin datang ke bengkel untuk mengambil motor itu, seklian menyaksikan starter pertama setelah berbulan2 mati. motor berhasil hidup, dengan suara mesin yg sangat berisik di tambah asap putih tebal yg keluar dari knalpot nya, kata mekanik nya, asap itu akan hilang setelah di bawa jalan beberapa hari kemudian. Mimin kurang tau apa saja yg di perbaiki saat itu, yg hanya mimin ingat, indikator overheat sudah tidak nyala lagi dan kiprok ny juga di ganti.

NOTE
kalo mimin ingat2 kejadian waktu itu, seperti nya mesin reddo ngejim (kalo tidak salah) karena reddo juga tidak bisa di engkol pada saat itu, engkol terasa sangat keras.

Setelah reddo bisa di pakai, mimin selalu berjalan-jalan bersama reddo, kemanapun pergi. Bahkan sempat mogok lagi...







































1 Tahun kemudian, motor itu di pakai sebagaimana mesti nya, kali ini teman mimin ingin motor ini terasa stabil karena bawa motor ini sangat tidak enak, mimin mulai cek2, masalah pertama mimin temukan, yaitu karet swing arm ny tidak ada, sehingga motor ini terasa miring saat di bawa lurus, setelah itu, reddo di bawa ke bengkel untuk memasang karet swing arm baru, setelah di pasang, reddo sudah mulai membaik handling ny, walau masih terasa oleng2, selain itu kampas rem belakang reddo juga di ganti karena sudah berisik.





Teman mimin saat itu merasa senang dengan perkembangan reddo yg mulai membaik, dan saat itu mulailah kami balapan bareng menyusuri Ring Road.


Setelah beberapa bulan kemudian, akhir nya teman mimin lulus SMP, namun karena rumah ny yg dekat dengan sekolah, jadi mimin masih bisa mampir ke rumah nya tiap hari, dan valio juga di parkir di situ karena parkir di sekolah tidak aman.

BTW, pada saat itu kalo tidak salah, mimin baru saja memulai blog Petrol Boy 2000 ini.







Semenjak itu, mimin mulai jarang ketemu sm teman mimin, karena jam pulang sekolah mimin jauh lebih cepat,


ngg, kalo tidak salah, beberapa bulan kemudian, mimin mulai ngelotoki sticker bawaan valio, dan hasil ny mimin kasih lihat ke teman mimin, teman mimin sangat kagum melihat valio, valio terlihat jauh lebih keren, kemudian dia juga ingin ngelotokin sticker reddo, namun ngelotokin sticker reddo jauh lebih susah karena banyak bolong2 akibat lecet, sehinggan sticker ny selalu robek. Kemudian ban belakang reddo di ganti dengan ban MP76 bekas,












































...................................................................................................................................................................









Beberapa bulan kemudian saat mimin baru selesai UN teman mimin membeli velg power jenis rose, awal ny mimin naksir dengan velg itu, namun ke duluanan dia, jadi ya mimin hanya bisa pasrah saja, tapi btw, velg itu sangat cocok dengan reddo.

Lama tidak jumpa, rupanya reddo sudah di perbaiki mesin nya, handle rem di ganti 1 set. sudah di overhaul, semua di lakukan tanpa sepengetahuan mimin, saat mimin coba nyetir reddo, rasanya sama persis seperti bawa valio, bahkan suara mesin nya sama. reddo saat itu sudah dalam kondisi bagus,

NAMUN
kondisi itu tidak bertahan lama, reddo sempat kebanjiran sehingga suara mesin ny menjadi tidak halus, lagi2 piston yg kena. tidak lama kemudian reddo mengalami tabrakan, di tabrak motor, namun yg nabrak kabur, untung ny teman mimin gk kenapa2, namun plastik hitam di dekat spakbor depan, dek kaki, dan kap kolong reddo waktu itu pecah, bahkan besi chassis bagian lantai reddo sedikit bengkok, standar tengah juga rusak.


Setelah beberapa bulan mimin lulus SMP, dan sudah jadi anak SMK,
lagi2 ada kalimat "beberapa bulan kemudian" jadi saat itu teman mimin baru pulang kerja, dia kalo kerja pulang nya larut malam, jam 12 malam, tiba2 reddo mogok, dan menelpon mimin utk minta bantuan, kali ini mimin cari tali namun yg ada hanya tali rafia yg sudah jabuk -_-, untung nya teman mimin bilang kalo dia sudah sedia tali di jok motor nya syukurlah, setelah mimin datang, di ikat tali tersebut ke valio, rupanya itu tali lompat skipping jump yg tali nya terbuat dari karet -_- haha. setelah dekat rumah, di lokasi yg masih sama persis di mana reddo nge gym tidak bisa di dorong, tali itu akhir nya putus, jadi reddo sampai dekat rumah hanya di dorong menggunakan valio, walaupun tidak sampai depan rumah, karena sudah larut malam.



Setelah di periksa rupanya vanbelt ny putus

...................................................................................................................................................................

,,,, mimin kangen dengan geng seperjuangan mimin di sekolah, mimin berencana untuk ngumpul bareng teman2 SMP, tiba2 teman mimin ini mengusulkan untuk membuat film utk kenangan masa muda kami. setelah part 1 selesai di buat, mimin lanjutkan ke part 2 di mana valio dan reddo juga ikut tampil di film ini.









Setelah beberapa bulan kemudian, akhir nya keluarga dari teman mimin ini mau pindah rumah ke kota Balikpapan, namun kondisi reddo saat itu tidak dalam keadan baik, teman mimin saat itu pergi ke balikpapan, reddo di tinggal selama beberapa minggu, setelah kembali, ban belakang reddo bocor, karena rencana nya memang mau di ganti jadi ganti sekaligus dengan yg baru.

Setelah teman mimin balik ke Samarinda, dia menelpon mimin untuk minta di jemput di terminal bus, dan sekalian meminta dorong reddo ke bengkel untuk mengganti ban, namun kali ini mimin tidak ingin reddo di dorong lagi, jadi ban belakang mimin lepas, kemudian di bawa ke toko ban yg mimin rasa cukup bagus. seletah urusan ban selesai dan ban juga sudah terpasang, teman mimin ingin dek hitam ny di repaint, mimin sempat buatkan video ny di channel you tube petrol boy.



Howaito juga ikut di repaint dek nya, jadi reddo dan howaito selama beberapa hari di pakai dalam ke adaan bugil




Dek sudah selesai di repaint, dan siap di pasang, sebelum di pasang di cuci dulu supaya bersih, namun reddo mengalami oli rembes di sekujur cylinder head nya, jadi 1 perkiraan mimin, gasket cylinder head nya minta di ganti.



sayang nya kualitas pengecatan ny kurang baik. karena terburu2.
setelah selesai di cat, teman mimin kembali ke Balikpapan, reddo lagi2 di tinggal, beberapa minggu kemudian balik, tiba2 reddo susah di hidupkan

NOTE
reddo dari awal cerita, starter elektrik nya sudah tidak berfungsi lagi, jadi setiap mau menyalakan mesin harus di engkol.

teman mimin menelpon mimin, nyuruh mimin datang ke TKP, namun mimin malas karena saat itu mimin lagi tidur, jadi hanya mimin suruh engkol 10x dalam posisi kunci OFF, kemudian coba lagi, kemudian berhasil.

setelah itu akhir nya reddo di bawa ke Balikpapan, karena masih ragu, di angkut saja pakai mobil pick up.


Beberapa hari kemudian mimin berkunjung ke Balikpapan, akhir nya mimin bertemu Reddo. singkat cerita mimin berlibur di Balikpapan.



beberapa minggu setelah mimin berlibur, teman mimin ke Samarinda dengan membawa Reddo, waw, itu sangat nekat, reddo saat itu masih terasa oleng2 setir nya. Alasan kenapa dia ke sini?
karena masih ada beberapa job list yg belum di selesaikan di project reddo. jadi yg paling pertama di lakukan adalah mengganti ban depan

NOTE
Ban depan reddo sudah di pakai selama 5 tahun, kondisi ban gundul, tidak ada alur sama sekali.

Pada awal ny mimin men diagnosa penyebab oleng2 ny setir reddo karena shock depan ny sudah bocor, setelah ban depan di ganti, masalah oleng2 yg udah di derita selama bertahun-tahun akhir nya hilang. Besok ny mimin bersama teman mimin berburu spare part bekas, nyari standar tengah, karena reddo tidak punya standar tengah. namun hasil nya nihil, setelah itu, ganti shock belakang dengan merk ride-it, kurang tau jenis ny, kemudian mengganti kampas rem depan berikut dengan piringan ny juga, karena piringan lama nya sudah terkikis, esok nya ganti oli+seal shock depan,



tinggal 1 permasalahan lagi
Rem belakang reddo blong, sudah lama tidak di perbaiki, sewaktu masih di samarinda, setelah di bongkar, lepas ban belakang, rupanya kampas rem ny bkn yg asli, karena sudah malam, dana juga sudah habis, jadi tromol belakang hanya di cuci dan di kencangkan sampai habis.






Besok pagi nya reddo di foto2 sebagai kenangan, setelah itu reddo pulang ke Balikpapan.
(Foto bagian awal artikel ini)

Sebenar nya masih banyak project yg belum di lakukan, tapi kondisi reddo yg sekarang sudah dalam kondisi 80% walau fisik nya masih ada yg sedikit kurang, tapi sudah nyaman di pandang, dan juga nyaman di kemudikan.

Selama di Balikpapan, reddo hanya ganti kulit jok. Tapi teman mimin ada rencana untuk melanjutkan perbaikan reddo saat tahun baru 2019 nanti, so stay tune untuk update nya



Job List Project Reddo
-Overhaul
-Ganti Kampas Rem Belakang
-Repaint Body
-Repaint Velg
-Belikan panel body baru di bagian yg pecah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar