Sabtu, 03 November 2018

Howaito Valio (Namanya Valio Pt.6)

Halo Bro/Sis

Kini sudah tiba waktu nya untuk update gimana kabar si valio


























Valio kini bukanlah motor mulus dan sempurna, karena semakin tinggi jam terbang valio dan kurang nya waktu untuk perawatan nya, kondisi valio sekarang masih lah tetap mulus, walau tak semulus sewaktu mimin masih SMP.

Ok, mimin mulai dari kelanjutan dari bagian terakhir story *Namanya valio Pt.5

Mulai dari aki tekor pada bulan juli 2017
Pada saat itu mimin lagi liburan kelulusan SMP,

Sisa hari libur mimin pakai untuk kerja nyambil di rumah, jadi valio tidak terpakai sama sekali selama liburan,hingga hari pertama mimin turun sekolah, pada saat itu valio masih dalam kondisi crank case yg di las pasca nabrak lobang.

Singkat cerita mimin sekolah selama setengah semester, valio jadi terasa sangat lambat tarikan ny, tidak selambat sepereti biasa ny, kali ini terasa jauh lebih lambat, bahkan sampai tidak bisa menanjak, bawa ke beres langganan, rupanya karet vakum karburator ny udh mulai keras dan minta di ganti baru, setelah di ganti, valio sudah mulai enak lagi tarikan nya, tetap lambat dan boros seperti biasa nya.





beberapa hari kemudian mimin bawa jalan valio pada malam hari, mimin melewati rute Ring Road yg jalanan ny rawan dan gelap di malam hari. pada saat itu mimin sedang cruising di kecepatan 90kmh, jalanan sangat sepi, mimin mengurangi kecepatan menjadi 45kmh karena sudah mulai banyak lobang yg di budi dayakan, karena setelan lampu yg agak kebawah. High beam valio tidak terlalu jauh, sehingga view distance mimin jadi kurang, hanya 3 meter, tiba2 tepat di depan mimin ada lobang, lobang biasa saja, tidak dalam, karena jarak high beam yg terlalu dekat, dan kecepatan masih 45kmh, jadi mimin tidak bisa menghindar lobang itu, dan ter tabrak lah lobang itu, kejadian itu menyebabkan retak baru di crankcase valio, dan gear starter ny kembali kumat, oli mulai bocor kembali membasahi kolong valio. kepala pun juga mulai pusing kembali.






karena sekolah mimin adalah sekolah teknik, ada jurusan Teknik Sepeda Motor, beberapa hari kemudian mimin bawa valio ke workshop TSM untuk di periksa, rupanya perkiraan mimin benar, ada retak baru di crankcase, kebetulan senior mimin di jurusan tersebut ada yg punya crankcase copotan yg cocok untuk valio dan sedang di jual, tanpa pikir panjang langsung saja mimin beli. besok nya hari sabtu, karena libur, murid2 punya waktu untuk mengurus urusan nya masing2, mimin sudha janjian sama senior mimin utk mengerjakan valio.

valio di overhaul oleh senior2 mimin, dan waktu pengerjaan nya sangat cepat, yaitu 8 jam, kalo di beres biasa overhaul selesai dalam waktu 3 hari. tapi masalah tidak selesai begitu saja, ring piston valio juga kena akibat sempat kehabisan oli, sehingga permukaan silinder nya terkikis, karena budget pada saat itu tidak banyak, jadi masalah piston di nomor 2 kan.



yang sayang nya, suara berisik starter nya tidak bisa di akali supaya enggak berisik, harus ganti baru yg harga ny bikin mimin malas beli. jadi valio mimin pakai selama sebulan dalam kondisi ngebul, harus cek oli setiap hari, kalo kurang di tambah oli ny, selama sebulan itu kondisi nya semakin parah, asap nya semakin tebal macam motor 2tak, asap putih pekat keluar dari knalpot valio, tapi setelah sebulan kemudian, budget sudah siap, akhir nya mimin serahkan lagi valio ke senior mimin untuk di overhaul, silinder di kolter, piston oversize 100, cylinder head di bersihkan, dan selesai lah pengerjaan valio, kali ini selesai nya lebih cepat di banding waktu ganti crankcase, karena hanya bagian blok mesin ny saja yg di bongkar (crankshaft aman)










akhir nya mimin kembali merasakan penderitaan nyetir motor yg lagi inreyen, sungguh tidak nyaman sekali karena tangan tidak bisa usil mutar2 gas. seminggu keudian selesai lah masa inreyen valio, setelah ganti oli pertama, valio udah bisa mimin bejek kembali seperti biasa.



setelah beberapa minggu kemudian
mimin merasa ada suara bergerincing yg berasal dari cvt valio, karena waktu mimin lebih banyak di sekolah, jadi mimin bawa lagi valio ke workshop sebelah, untuk di cari sumber suara nya, setelah di bongkar CVT ny, masalah pun di temukan, roller yg sudah termakan habis permukaan nya, pulley yg oblak menjadi sumber suara nya.









mimin bawa ke beres langganan untuk minta di ganti komponen yg udh di diagnosa itu, tapi sama beres malah di sarankan untuk ganti roller dan vanbelt saja, padahal vanbelt lama masih bagus, dan beres menyarankan utk ganti vanbelt rutin tiap tahun, ini nih yg bikin mimin malas lagi buang2 duit.
setelah di ganti, suara itu hilang, terkadang suka bunyi walau tidak sering.

dan ban mp76 belakang mimin udah gundul habis, bahkan terlihat seperti ban slick, sempat membuat mimin terjauh dari valio (ngepot), utnung nya body ny aman nggk ada lecet sedikit pun, karena pada saat terjatuh standar samping dan handle rem depan yg menahan valio, BTW handle rem depan pun jadi bengkok seperti huruf C.



Beberapa hari setelah kejadian itu mimin ganti ban nya dengan merk Corsa jenis Freak dgn ukuran 110/80, ini gila besar nya jadi ban donat saat di pasang, valio jadi nambah berat nya.

mimin rasa valio udah dalam kondisi prima, jadi mimin pakai hari2, ganti oli mesin dan cvt ny rutin, selama beberapa bulan kemudian, valio hanya dapat perawatan mesin ny saja, tidak untuk body ny,

karena mimin enggak punya waktu untuk nyuci,
enggak mau keluar duit buat bawa ke pencucian,
dan malas+capek nyuci sendiri karena sangat kotor,

butuh waktu 1 setengah jam untuk nyuci valio hingga bersih super clean.
dan 1 faktor lagi yg menjadi alasan mimin malas cuci valio, setiap kali habis di cuci pasti selalu hujan, bahkan baru ada kepikiran untuk nyuci saja langit langsung mendung, sebenar nya kejadian ini udah mimin alami dari awal2 kali pegang valio.



valio mimin siksa tiap hari, di bawa lari kencang hingga top speed tertinggi setiap hari, mimin gunakan tiap hari, berlangsung selama 1 tahun di sekolah baru mimin, hingga mimin naik kelas 11 (kelas 2), akhir nya tiba libur kenaikan kelas dan urusan remedi pelajaran udah kelar, jadi mimin punya waktu ekstra untuk kembali merawat valio, setelah valio mimin bawa ke pencucian, karena lagi ada duit recehan sm malas nyuci sendiri :p

mimin melakukan check up body valio, overall masih bagus, namun untuk bagian sebelah kanan body putih valio terdapat beberapa spot yg berwarna kuning, mungkin akibat sering terjemur pada saat posisi standar samping. mimin bawa ke jasa detailing motor untuk melakukan treatment body correction pada valio, awal nya valio di cuci bersih, kemudian di wax seluruh body ny untuk mengembalikan warna semula nya, setelah selesai, di cuci lagi untuk membuang sisa2 wax yg masih melekat di celah2 body, setelah selesai valio di olesi semacam carian yg kemudian cairan itu menjadi semi nano coat, sehingga memberi efek daun talas saat di siram air, dan terlihat wet look. setelah selesai, mimin sangat puas dengan hasil kerja jasa detailing yg mimin pilih, dan harga ny sesuai dengan ekspetasi yg di harapkan.










akhir nya valio nganggur di rumah jadi pajangan, karena sangat bersih dan mengkilap+mulus, sehingga ada beberapa orang memuji valio :3 *bisa di pakai ngaca ini body nya
mimin rasa pada saat itu valio sudah dalam kondisi 100% perfect condition, layak nya motor baru yg belum 6 bulan masa pemakaian.










ok untuk cerita valio sedikit mimin ke sampingkan, karena ada cerita lain namun masih ada kaitan ny dgn valio








pada saat liburan kenaikan kelas, ada teman SMP mimin (PostoSenpai) kakak kelas mimin sewaktu SMP, dia waktu itu baru saja pindah rumah ke kota Balikpapan, jadi barang2 ny harus di pindah, setelah semua barang selesai di bawa ke Balikpapan, tinggal motor nya yg masih tersisa, motor nya yaitu Honda Vario Techno 110 keluaran 2011, warna merah, motor yg sama dengan valio, bahkan tanggal pembelian nya masih sama, kembali ke cerita, karena kondisi motor nya tidak dalam kondisi prima, jadi motor itu harus di persiapkan supaya bisa di bawa jalan jauh, sebenar nya dari waktu masih SMP mimin sudah membantu teman mimin untuk memperbaiki motor nya, karena kondisi ny yg (maaf) mengenaskan, dan budget yg sempit, gk banyak, bahkan sangat pas pasan, jadi mimin membantu teman mimin memperbaiki motor nya sedikit demi sedikit, namun untung nya pada saat itu tinggal ban nya saja yg minta di ganti karena ada bocor dan tidak bisa di tambal dan juga ban nya sudah gundul, dari awal mimin baru bisa nyetir hingga sekarang, motor itu sudah sangat dekat dengan valio, selalu ketemu tiap hari sewaktu masih SMP, hanya valio yg bisa selalu datang saat motor itu mogok, untuk certia lengkap nya bisa lihat di .......

pada saat ganti ban, tiba2 mimin terpikir untuk memberi nama motor teman mimin itu karena sudah banyak kenangan yg di alami selama beberapa tahun hingga udah tiba waktu nya untuk berpisah dan sekalian ganti nama valio, awal nya mimin gunakan konsep twin brother, dengan nama red-white, dengan sedikit bau jejepangan, kenapa mimin pilih jejepangan?, karena honda adalah brand yg berasal dari JEPANG, bukan wibu, mimin beri nama aka (merah)-shiro (putih) karena masih di rasa terlalu jejepangan yg nanti nya di sangka wibu sama orang2 awam enggk paham, jadi mimin koreksi jadi

REDDO - HOWAITO
(Ret'to) - (Whait-to)

yg mimin ambil dari konsep awal penyebutan red-white dengan sedikit logat jepang jadilah reddo dan howaito
, jadi mulai saat itu mimin lebih biasa manggil valio jadi howaito, namun karena orang2 sudah mengenal motor mimin dengan nama VALIO, jadi dengan kebijakan mimin, mimin tambah saja howaito, jadilah Howaito Valio seperti nama judul yg mimin cantumkan di artikel ini.



Di blog ini mungkin mimin terkadang manggil Valio, kadang2 juga manggil Howaito.


Setelah reddo selesai, di bawa ke Balikpapan dan libur sekolah udah selesai, mimin kembali turun sekolah, kali ini mimim sedikit ada semangat merawat howaito, setelah beberapa minggu sekolah, mimin di tawar velg v-rossi sm teman mimin, mimin saat itu sangat tergiur karena di kasih harga yg sangat murah dan kebetulan saat itu keuangan lgi banyak, jadi langsung mimin beli itu velg, dan velg nya sangat cocok untuk howaito, memngingat velg lama nya udah peyot, setelah velg baru di pasang, howaito kembali terasa stabil saat di bawa pada kecepatan tinggi.






































setelah beberapa lama asik sama howaito,
tiba2 mimin keingat sewakttu masih SMP mimin sangat ingin sekali punya mobil, dan sudah kelas 2 SMK masih belum kesampaian karena duit ny selalu enggak ada, karena di pke buat dandani howaito

semanagat mimin merawat howaito tiba2 break, hancur lebur, hingga howaito kembali tidak terawat kembali.

beberapa bulan kemudian mimin ada agenda dan mengharuskan mimin pergi ke kota Balikpapan dengan membawa howaito, seminggu sebelum hari H, mimin prepare howaito untuk jalan jauh, mulai dari bersihkan filter-cvt-filter udara-tromol belakang-tambah coolant, dan bersihkan busi





setelah semua selesai, dan tiba hari H, mimin berangkat ke Balikpapan dengan kondisi howaito yg saat itu mimin rasa baik2 saja, selama perjalanan mimin tidak mau pol polan, karena saat itu howaito di diagnosa klep nya bocor sehingga ngebul saat di bawa lari 90kmh ke atas. Setelah sampai di area warung panjang, mimin sempatkan berhenti sebentar sembari mendingin kan pantat yg panas dan minum air bentar sekalian menstabilkan suhu mesin howaito, setelah beberapa menit selesai, mimin lanjutkan lagi perjalanan ke Balikpapan, namun kali ini howaito mimin paksa bawa ngebut hingga top speed 105kmh, namun saat di bawa ngebut tiba2 konsumsi bensin howaito jadi agak boros, sehingga bensin yg ada tinggal sedikit, dan spbu juga masih jauh, jadi mimin kembali santai bawa nya.







setelah sampai di Balikpapan pada saat maghrib, mimin berangkat nya pada jam 4 sore, tiba jam 7 malam, karena macet. Pada malam hari nya di balikpapan mimin sempatkan bawa jalan2 howaito keliling kota balikpapan bersama teman mimin yg owner dari reddo,







Awal nya mimin ingin pergi ke belakang runway bandara sepinggan, namun akses jalan menuju ke sana sedang di tutup, jadi rencana ke sana BATAL, jadi mimin hanya jalan2 menyusuri keindahan kota Balikpapan dgn howaito, kemudian mimin melewati jalan kilang minyak, karena di jalan ini mimin punya banyak kenangan bersama alm.kakek mimin, waktu mimin kecil dulu selalu di ajak jalan lewat jalan kilang minyak dengan mobil mazda 626 nya.

di tengah2 perjalanan tiba2 mimin melihat seperti ada binatang kecil terkapar di tengah jalan, awal ny mimin pikir itu tikus mati kelindas, jadi muncul niat mimin utk melindas tikus mahluk sialan itu, namun semakin dekat semakin jelas, warna nya putih dan ukuran nya terasa sangat besar utk seekor tikus, ketika sudah dekat sekali mimin mengurangi kecepatan, karena penasaran binatang apa yg mati itu, rupanya itu bangkai anak kucing yg habis tertabrak :(, karena jalanan yg sepi, tidak ada org yg peduli, dan tidak ada pemukiman sekitar situ, jadi mau tidak mau mimin bersama teman mimin harus membawa bangkai anak kucing tsbt untuk di kuburkan, pada saat itu mimin kebingungan, karena tidak ada kain yg bisa di pakai untuk membungkus kucing itu, mimin buka jok howaito, ada jas hujan dan kaos kutang yg biasa mimin pakai buat nyuci motor, jadi kain kaos kutang itu mimin pakai utk membungkus kucing itu (pada saat itu mimin sedang kalang kabut dan kebingungan dgn adab cara mengubur kucing mati tertabrak), jadi mohon maaf mimin bersama teman mimin hanya mengubur kucing itu dgn perlengkapan apa adanya, Tapi mimin bersama teman mimin tidak punya maksud/tujuan jelek,
 tidak jauh dari jalan kilang minyak mimin menemukan tanah yg sedikit lapang dan bisa di pakai utk mengubur kucing itu.

(Mohon Maaf bagi yg membaca artikel ini sambil makan)




Rest In Peace



 esok pagi hari nya, saat howaito mau di bawa jalan, mimin baru sadar kalo suara mesin howaito terasa aneh, seperti terjadi kekeringan dari dalam silinder, mimin pinjam tang untuk membuka tutup oli howaito, dan dugaan mimin benar, howaito jalan ber puluhan km tanpa oli, mimin bawa ke bengkel terdekat untuk di tambah oli, rencana nya mau ganti oli baru ajj sekaligus, saat di bengkel, begitu mur pembuangan oli di buka, JRENG tidak ada oli sedikit pun yg keluar, kejadian itu membuat mimin jadi sangat kaget, setelah di isi oli baru, mimin hidupkan howaito, setelah beberapa detik suara aneh tersebut hilang, untung saja masih sempat nyadar, padahal besok nya udah mau pulang kembali ke Samarinda.

Setelah di bawa jalan sana-sini keliling kota Balikpapan yg menakjubkan, howaito aman2 saja, tidak ada kendala, dan sempat mampir ke balikpapan dome yg pada saat itu kebetulan ada event slalom gymkhana untuk sepeda motor saja, untuk mobil besok nya pada saat mimin sudah pulang.

Karena melihat peserta peslalom itu, mimin dan kawan mimin jadi tertarik mencoba slalom, di lapangan parkir sebelah yg kebetulan lagi kosong, padahal saat itu kondisi kota Balikpapan habis kehujanan, dan banyak genangan becek di  lapangan parkir, percobaan pertama, mimin yg bawa howaito, karena tidak pernah nyoba zigzag dgn waktu yg cepat jadi mimin agak gugup, dan cenderung santai. kemudian teman mimin test howaito utk mencoba kelincahan howaito.






Pada saat teman mimin owner reddo masih tinggal 1 kota dgn mimin, (kelas 10 SMK) mimin dengan kawan2 seperjuangan waktu SMP sempat ngumpul2 bareng, test howaito vs reddo mutar2 melingkar, secepat nya, semiring2 nya, hingga standar tengah dan chassis menyentuh lantai, ketika sudah menyentuh permukaan lantai, masih terus berputar hingga keluar percikan api akibat gesekan dari standar tengah  dengan lantai semen, karena mimin kangen dengan aktraksi itu, mimin suruh teman mimin utk melakukan aksi itu lagi, namun mimin lupa kalo pada saat itu valio masih pakai ban mp76 yg ukuran ban ny lebih kecil dan grip yg lebih bagus di banding dgn ban valio sekarang yg donat, akibat dari ban besar itu, ground clearance valio jadi naik, jadi pada saat belajar slalom, hendak melakukan aksi itu lagi, tiba2 howaito mengalami oversteer, dan jatuh, mengakibatkan lecet halus di body samping howaito, pada saat itu mimin dengan teman mimin hanya ketawa cengingisan xD.

Mimin habis kan sisa waktu mimin di kota Balikpapan yg damai ini dengan berkeliling kota lagi, pada saat malam minggu mimin sempatkan utk hang out di taman lapangan merdeka, namun kali ini mimin gk bawa howaito, waktu itu naik reddo.







Besok pagi hari, mimin baru bangun, dan sempat sarapan dan ngobrol2 ringan sebelum pulang, oh y waktu itu mimin nginap di rumah owner reddo teman mimin. setelah sudah agak siangan sedikit, mimin prepare, kemas2 barang, cek oli howaito, masih full dan aman, setelah semua siap, mimin pamit pulang, sedikit sedih rasa nya harus meninggalkan kota yg indah ini, nyetir di kota ini rasa nya damai, beda sekali dgn kota kediaman mimin yg rada2 semerawut.

Mimin isi bensin di area batu ampat, btw mimun kurang tau nama2 daerah di Balikpapan, setelah selesai isi bensin, mimin langsung pulang, kali ini mimin santai2 saja dalam perjalanan, enggak negbut2 takut oli ny kehabisan lagi, karena mimin sanghat santai bahkan bensin howaito pada saat itu cuckup hingga sampai ke kota Samarinda, masih ada sisa seperempat sebelum redbar, mimin isi lagi bensin nya full, kemudian pulang dan istirahat, saat malam hari mimin cek lagi level oli howaito, rupa nya oli nya kurang lagi, tapi tidak separah kejadian kemarin, masih ada sisa oli nya sedikit, jadi hanya di tap saja, namun malah sedikit kelebihan ngetap ny -_-

Well artikel ini di ketik seminggu setelah mimin berangkat ke Balikpapan, sedikit sulit untuk membuat artikel ini, karena mimin harus mengingat kembali semua kejadian yg terjadi selama 1 tahun terakhir dengan jelas, dan harus ngetik sepanjang ini, tapi mimin rasa long post sudah tidak lagi menjadi masalah dalam menjalankan tugas mimin sebagai blogger pemula, dan mimin rasa mimin masih bisa ngetik beberapa longpost lagi yg akan mimin post di blog ini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar