Selasa, 14 Maret 2017

Review 2011 Honda Scoopy

Halo Bro/Sis

akhirnya kita ketemu lagi di artikel ini
nah mumpung mimin dapat unit yang bisa di test sore tadi untuk di review di blog ini
unit itu adalah Honda Scoopy keluaran tahun 2011





Oke mimin bahas seperti biasa ya mulai dari design nya

Design

design motor ini udah khas banget karena populasi nya sangat banyak, berbeda dari motor matic lain, yang bikin beda itu motor ini di design dengan konsep retro modern yang unik dengan moncong yang tembem, menggunakan headlamp yang besar, dan lampu sein yang terpisah,
headlamp nya berukuran besar, cahaya nya tersebar merata di jalan, sangat terang ketika di bawa saat malam hari jadi bagi Bro/Sis yang menggunakan motor ini pada saat malam hari, harap tidak menggunakan high beam/Lampu Tembak karena cahaya nya bisa menggangu pengendara yang dari lawan arah ;)

untuk bagian samping mengingatkan mimin dengan vespa-vespa tua yang di buat ulang, kesan retro juga masih dapat di bagian samping ini,
Motor ini memiliki ground clearance yang tinggi jadi bisa melibas polisi tidur dengan aman.


Design belakang motor ini juga senada dengan depan nya, ya bisa terlihat dari taillamp nya yang sama besarnya seperti headlamp nya, ada 2 lampu di bagian taillamp, 1 untuk rem dan 1 lampu senja untuk pencahayaan plat nopol, kesan retro juga masih dapat karena lampu sein nya di bikin terpisah, kalo di kasih warna orange bisa nambah kesan retro nya wkwk

Riding Position
Duduk di motor ini rasanya enak, jarak handgrip tidak terlalu jauh, nyaman di genggam, legroom pas untuk mimin yang berpostur tubuh jangkung dengan tinggi badan 170cm berat 55kg,
minus nya terdapat di ruang kaki yang terasa sempit, apabila bagi Bro/Sis yang suka pake sepatu sneakers, kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa, tapi itu terobati dengan design jok nya yang lebar sehingga terasa sangat nyaman duduk di motor ini.

Duduk di belakang juga enak, kaki bisa menginjak footstep dengan nyaman, lutut tidak terlalu tertekuk, tapi kurang nyaman untuk jalan jauh

Engine
Ketika mimin mencoba motor ini, motor ini punya karakter yang santai, walau di kickdown motor ini gak spin seperti valio punya mimin, walau santai motor ini tenaga nya kurang lebih mirip seperti dengan mesin vario techno 110, yang membedakan nya ialah pada karakter mesin, kalo vario techno 110 itu agresif, kalo scoopy ini ya santai,
di bawa jalan santai juga terasa nyaman, ketika di kickdown scoopy ini sedikit unggul di banding dengan valio walau mesin ini sedikit lambat naik nya, (mengingat bobot valio yang juga lumayan)
untuk top speed tidak di lakukan test
mungkin nanti juga dilakukan test top speed kemudian mimin update ke blog ini

Fitur
Motor ini sudah dilengkapi dengan fitur side stand switch, parking brake, dan electric starter, belum ada ISS dan ESP
Poin minus terdapat pada tanki bensin yang terasa kurang besar, hanya 3.5L sama seperti tanki bensin vario techno 110, jadi bagi Bro/Sis yang sering keluar rumah pakai motor ini mungkin sering mampir ke spbu untuk mengisi bensin :p, karena bobot nya ringan jadi motor ini sedikit irit di banding vario techno 110
selain tangki bensin yang kecil, bagasi nya juga terasa kecil, karena separuh bagasi motor ini di gunakan untuk meletakan aki dan sekring.

Suspensi
kesimpulan ini mimin ambil bedasarkan kondisi unit yang mimin test, jadi untuk motor lain mungkin hasil nya bisa beda ada yang lebih baik mungkin ada yang buruk

karakter suspensi scoopy juga kurang lebih mirip dengan valio, karena perbedaan kondisi, motor ini terasa bergetar, tapi getaran itu hanya sedikit dan tidak mempengaruhi pengendalian motor, mungkin di karenakan efek jalanan cor semen.


Kesimpulan
Motor ini mimin reccomend bagi Bro/Sis yang ingin tampil beda atau berjiwa retro, motor ini sangat cocok untuk di pakai harian bensin juga termasuk irit karena karakter mesin dan bobot ringan nya, jika di banding dengan valio sekitar 74:70

Kelebihan
+Design retro, cocok untuk anak muda
+Irit (RELATIF)
+Suspensi nyaman
+Ada nya komunitas yang bisa mempermudah kalian untuk merawat motor ini
+Lampu terang
+Handle belakang nyaman di genggam
+Posisi nyetir nyaman
+Bobot ringan

Kelemahan
-Bagasi sempit
-Ruang kaki sempit
-Kaca spion kurang nyaman di lihat
-Tenaga kurang
-Pembakaran masih menggunakan karburator
-Model Lawas
-Material plastik terasa ringkih
-Lampu yang menyilaukan

Motor ini di bandrol dengan harga mulai dari 9jt hingga 10jt tergantung kondisi dan tahun keluaran nya 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar