Udah tiba saat nya di penghujung dari serial drama "Namanya Valio"
Di part sebelum nya menceritakan, gugur nya predikat sempurnya nya valio,
masih ingat kan kata sok bijak yg mimin buat
"Terkadang ada saat nya kita terbang tinggi, kemudian ada juga saat nya kita terjatuh kebawah dan berusaha untuk bangkit lagi" :p
Jadi beberapa waktu yg lalu, (Saat valio nginap di bengkel)
Mimin baru saja lulus SMP, Alhamdulillah dpt nilai yg lumayan dan masuk peringkat 5 besar di sekolah, antara kaget sama bingung waktu kelulusan itu, kok baru sekarang pintar ny, knp gk dari dulu ajj sudah pintar, jadi gak perlu menderita.
Nah sebelum nya, sehari sebelum UN bokap udah janji kalo mimin lulus SMP masuk peringkat 20 besar dan berhasil masuk SMK yg di tuju, bokap janji bakal modif valio, mulai dari kaki2, velg, dan juga crankcase yg retak di las lagi, dan modal restorasi bakal di tanggung sama bokap, karna saking gk percaya nya dengan kemampuan mimin, yah udah telanjur janji jadi ya harus di tepati.
Sebenarnya mimin gk tertarik dengan tawaran bokap, biar di swap hayabusa pun mimin juga gk akan tertarik, mau di upgrade bagaimana pun, itu tetaplah motor, tetap aja masih kepanasan-kehujanan,
upgrade macam itu hanya membuat anak seumuran mimin nyetirnya jadi tambah cepat, dan otomatis jadi bahaya,
Justru yg mimin inginkan itu kalo valio di modif di pasang atap wkwkwk,
jadi tawaran semula di ubah, jadi membuat valio jadi tambah nyaman di kemudikan, bukan di bikin kencang, atau uang nya di simpan untuk nambah modal buat beli mobil nanti,
di situlah passion mimin, "Build Own Dream Car".
Cerita bermula pas tanggal 29-Mei-2017, valio memang lama gk ter urus, gak di cuci sama sekali, dan lama gak di bawa jalan, sempat di pake waktu mimin buat KTP untuk persiapan bikin SIM C,
Kemudian uang nya sudah terkumpul jadi valio udah bisa di bawa ke bengkel untuk turun mesin lagi, lepas crankcase nya kemudian di bawa ke bengkel las aluminium, jadi valio sebelum masuk bengkel harus di cuci dulu, kali ini agak gak niat nyuci nya, kotor banget, hanya fokus bersihkan kotoran oli di kolong nya saja.
MANTAP JIWA
Besok lusa akhir nya valio di bawa ke bengkel resmi langganan, (sorry gak ada fotonya)
valio masuk bengkel dan harus nginap selama kurang lebih 5 hari, ini menjadi masalah, karena mimin butuh kendaraan karena banyak urusan, tets narkoba, bikin surat keterangan sehat lah, ngambil KTP-EL sementara lah,
Jadi susah gk ada motor, minjem vario 125 punya bokap, well jalan lebih dari 25km dari bensin full hanya habis 1 bar di fuel gauge nya :O kalo valio mungkin udh kehabisan bensin,
Kemudian ke sekolah SMP untuk kelulusan, dan mengambil SKHU sementara.
Well kali ini mimin no probelmo hidup tanpa valio, lagian semua urusan udah kelar, tinggal ke kantor polisi bikin SIM C itu tinggal nunggu valio udah kelar, besokny valio sudah selesai di kerjakan, sudah bisa di ambil,
Esok pagi mimin ke beres ahass tersebut, di antar nyokap pake mobil, ketika sudah tiba di depan bengkel, mimin melihat valio yg terparkir rapi,
mimin melihati itu valio lama2,
biasa agedan macam ini adalah adegan pertemuan kembali setelah beberapa lama teripsah ya semacam adegan rindu atw kangen gitu,
sebenar nya mimin melihati valio bukan karena rindu, ya cuman sekedar melihati, kemudian mimin ngomong "Waddap Madafaka" -_- setelah berbincang dgn org2 bengkel, mimin pamit pulang,
kemudian mimin di kasih kunci ny valio, dan kemudian mimin starter itu valio, kesan pertama nya adalah, starter nya sudah halus kembali seperti semula, gak ada lagi suara bising macam ketawa nenek lampir :v
BTW di bengkel valio di bongkar mesin ny, las crankcase, ganti seal+ganti oli shock depan, service rutin ganti oli mesin+oli cvt, ganti air filter, bersihkan karbu.
Pas pertama jalan, tarikan nya terasa berat, rasanya sama persis ketika waktu overhaul ganti ring piston, jadi mimin bawa ny harus pelan dan pasti, yg membuat mimin kecewa adalah shock depan nya menjadi 5 kali lebih keras dari terakhir ganti oli, ini rasanya seperti bawa sepeda, getaran nya sungguh MAUT
sekalian mampir ke spbu karena bensin ny jg udah tinggal dikit, sesampai di spbu, yah antrian pertalite nya lumayan panjang, mimin entah kenapa tiba2 melihat ke bawah, melihat radiator valio berasap tipis tapi mimin gk peduli, jadi mimin pergi saja ke warung terdekat, beli pertalite eceran saja,
BTW baru kali ini valio di kasih minum vodka xD
Sampai di rumah valio langsung di cuci lagi, karena body ny udah berdebu dan banyak sidik jari bekas si montir yg ngerjakan
8-)
Beberapa hari setelah itu, mimin ke kantor Polresta Samarinda untuk membuat SIM C, pagi2 pergi ke kantor, lumayan lama ngantri nya, akhir nya sudah tiba ke tahap tes praktek, di sinilah semua skill mimin dapat selama menyetir motor di test di sini.
Cuaca nya habis hujan, kemudian mendung lagi, jdi grip ban andalan mimin rasa bakalan kurang.
Tes pertama yaitu test zig-zag, sebenar nya menurut mimin ini mudah jika pakai motor yg wheelbase ny sangat pendek, bobot super ringan, dan ban yg lebar
Sempat berapa kali ngulang, karena jarak antar cone nya terlalu dekat, sekitar jarak 1 motor, jadi ketika countersteer mimin selalu merasa menabrak cone nya, karena udah terasa sangat dekat bahkan sampai gk kelihatan.
Untuk kalian yg baru mau bikin SIM C mimin beri sedikit saran jika Bro/Sis juga pengguna vartech 110
-Jangan pernah berlebihan memutar gas, cukup putar seperempat saja, kira2 hanya terasa RPM naik, karena yg di butuhkan adalah torsi bukan speed, lagian ini bukan "Time Attack" :p
-Pelan, jangan terlalu cepat karena ketika countersteer akan menyebabkan understeer, mengingat ini cornering jarak pendek, kalo ban kalian bagus jangan takut oversteer
-Jangan berpikir kalo cone tertabrak karena gk kelihatan, jika Bro/Sis berpikir seperti itu kemudian jaga jarak dengan cone di depan, cone yg di belakang sudah pasti nabrak
-Jangan takut jatuh, untuk sudut kemiringan nya gak miring2 amat jadi masih aman, jika Bro/Sis berpikiran akan jatuh sudah pasti otomatis kalian menurunkan kaki kalian
Kembali ke cerita,
Akhirnya mimin berhasil lolos test zig-zag dan lanjut ke test u-turn, di sini adalah test kelincahan manuver
untuk mimin ini sangat gampang, karena skill manuver mimin jg udh lumayan,
di sini mimin gk bisa ngasih arahan, tergantung gimana teknik Bro/Sis masing2,
tapi di sini mimin ambil sisi luar, kemudian u turn mengambil sisi dalam jalanan,
ini gambar nya
Setelah selesai bikin SIM nya dan SIM nya juga sudah jadi, langsung pulang ke rumah terus tidur....zzz
Biasa bagi kebanyakan orang mungkin akan senang, tapi mimin rasa biasa2 saja, nyetir motor waktu gk punya sim sama udh punya sim masih sama ajj, jalanan jg jarang ada polisi razia, tapi untuk sekedar jaga2 jadi sim harus di bawa ke mana2.
Setelah bikin SIM, sekarang sudah waktu nya untuk medaftar ke smk tujuan mimin, singkat cerita setelah 4 hari seleksi online, jadi mimin berhasil masuk peringkat 9 dari 62 calon siswa.
Setelah semua urusan udah kelar, valio jadi nganggur waktu itu lagi bulan puasa,
dan valio terakhir jalan sekitar H -5 sebelum lebaran idul fitri,
Ketika pulang dari balikpapan, habis mudik(H+2) , karena ada perlu jadi valio mimin nyalakan setelah berhari-hari gak nyala, di starter agak lama baru nyala, Iddle mesin nya juga terasa kurang, mesin selalu mati sendiri, padahal sudah di setel langsam sewaktu keluar bengkel,
setelah itu valio nganggur lagi 3 hari, dan akhir nya aki nya mulai tekor,
di starter hanya ada suara jeduk2 tanda aki gk kuat untuk memutar dinamo starter,
jadi mau gk mau valio harus rajin di nyalain pakai kick starter setiap mesin dingin dan setiap mau jalan harus nunggu 10 detik supaya aki nya betul2 ngisi.
Untuk plan restorasi nanti di mulai dari ganti laher komstir, resparasi jok, ganti shock belakang (jka di perlukan), ganti velg gambot.
Sekian dari cerita serial drama Namanya Valio, walau ini bagian ending tapi mimin akan tetap update valio di blog ini, hanya saja bukan berupa cerita seperti ini,
ini beberapa foto valio.
NOTE
Mimin jujur, mimin akui kalo mimin gk tertarik dengan yg namanya motor,
selera yg mimin rasakan selama ini hanyalah efek rasa senang dari baru bisa menyetir motor,
dan jam terbang mimin juga udah lumayan tinggi untuk 2 tahun nyetir motor yaitu 30.000KM,
jadi project restorasi valio bakal Stop total, jadi modifan dari bokap itu adalah project terakhir di restorasi valio ini.
dan juga modal mimin untuk restorasi valio di masukan ke tabungan bakal untuk beli mobil nanti,
sudah jelas dari awal mimin ini PETROLHEAD, CAR GUY, CAR ENTHUSIAST bukan BIKER jadi mohon toleransi nya.
NOTE
Artikel ini mimin buat dalam ke adaan sadar, sesadarnya dan semua cerita mimin yg ceritakan ini NYATA semua dan sekarang jika mimin ingat2 semua nya terlihat akan kebodohan dan kelabilan masa anak-anak, jadi mohon maklum nya.
dan saran mimin untuk kalian yang masih lekat dengan yg nama nya (BOY) yg juga main di dunia otomotif baik itu mobil maupun motor.
sebaik nya jangan coba2 lakukan apa yg mimin ceritakan di atas, cerita ini mimin buat untuk sharing pengalaman bukan untuk di tiru, jadi kebijakan pembaca sangat mimin sarankan
NOTE
Artikel ini mimin buat dalam ke adaan sadar, sesadarnya dan semua cerita mimin yg ceritakan ini NYATA semua dan sekarang jika mimin ingat2 semua nya terlihat akan kebodohan dan kelabilan masa anak-anak, jadi mohon maklum nya.
dan saran mimin untuk kalian yang masih lekat dengan yg nama nya (BOY) yg juga main di dunia otomotif baik itu mobil maupun motor.
sebaik nya jangan coba2 lakukan apa yg mimin ceritakan di atas, cerita ini mimin buat untuk sharing pengalaman bukan untuk di tiru, jadi kebijakan pembaca sangat mimin sarankan
Tidak ada komentar :
Posting Komentar